alexametrics

Rilis Album Format Kaset, Upaya Bangkutaman Hargai Musik Seutuhnya

Yazir Farouk
Rilis Album Format Kaset, Upaya Bangkutaman Hargai Musik Seutuhnya
Bangkutaman [dok. Pribadi]

"Bangkutaman sendiri besar dan tumbuh di era kaset dan fans gue juga kebanyakan pembeli kaset," katanya.

Suara.com - Album bertajuk Dinamika resmi dirilis lewat bendera La Munai Records. Ini adalah album ketiga dari grup musik asal Yogyakarta, Bangkutaman.

Cukup menarik perhatian, album Dinamika menyapa penggemarnya dalam format fisik berupa kaset pita. Menurut Wahyu Acum, satu-satunya personel awal Bangkutaman yang masih ada, pemilihan fotmat kaset bukan tanpa alasan.

"Alasan pertama, Bangkutaman sendiri besar dan tumbuh di era kaset dan fans gue juga kebanyakan pembeli kaset," kata Acum, sapaan akrabnya kepada Suara.com, Sabtu (18/9/2021).

"Kedua, saya merasa bahwa dengan merilis album rekaman lewat format fisik lebih membuat kita sebagai fans musik benar-benar menghargai musik seutuhnya," ujarnya lagi.

Baca Juga: Tabib, Single Terakhir Menuju Album Baru Bangkutaman

Lebih lanjut kata Acum, Dinamika adalah pembuktian kalau Bangkutaman masih eksis. Ya, band tersebut telah ditinggal dua personelnya Irwin Ardy, gitaris awal mereka dan sang drummer Dedyk Eryanto.

Album Dinamika milik Bangkutaman.
Album Dinamika milik Bangkutaman.

"Band ini masih bisa dan mampu berkarya di tengah cobaan yang dihadapi," katanya.

Hadirnya Dinamika dalam format kaset juga jadi pembuka dari La Munai Kaset Klab (LKK), sebuah program kaset yang diinisiasi oleh La Munai bekerjasama dengan Les Siebon.

Album Dinamika merangkum karya terbaru Bangkutaman setelah menepi cukup lama sejak Ode Buat Kota di 2010. Tapi dalam perjalanannya di 2016, mereka sempat merilis mini album bertajuk Rileks.

Dinamika, Badai, dan Tabib merupakan jembatan menuju dirilisnya Dinamika. Tapi yang mengejutkan, ketiga lagu itu tak ikut dirangkum di album tersebut.

Baca Juga: Unik! Rumah Makan Padang di Semarang Ini Jual Makanan Sekaligus Kaset Pita

Proses kreatif mulai dari penulisan lagu, lirik, hingga rekaman dilakukan pada 2019. Orang-orang hebat banyak yang terlibat di album Dinamika. Mereka antara lain Indra Perkasa (Tomorrow People Ensemble), Widi Puradiredja (Maliq & D’Essentials), Dharmo Soedirman (Sentimental Moods), Agustinus Panji Mardika (Efek Rumah Kaca) serta sang produser, Pandji Adhi Dharma (Sirati Dharma, Sleep Shelter).

Duduk di kursi produser adalah Pandji Adhi Dharma. Sementara Dharmo Soedirman menjadi pengarah musik di sesi rekamannya.

Selain dirilis dalam format kaset, album ini juga akan hadir secara digital khusus untuk pembelian album Dinamika di The Store Front, sebuah toko musik digital yang menyediakan katalog download berbayar.

Untuk setiap pembelian kaset, The Store Front akan menyisipkan kode download yang berisi semua lagu di album Dinamika dengan kualitas audio yang mumpuni untuk dinikmati para penikmat musik.

Komentar