alexametrics

Hotman Paris Dicurigai Jadi Mualaf, Dulu Sering ke Pesantren hingga Digelari Gus

Yazir Farouk | Yuliani
Hotman Paris Dicurigai Jadi Mualaf, Dulu Sering ke Pesantren hingga Digelari Gus
Hotman Paris Hutapea [Suara.com/Muhammad Anzar Anas]

Hotman Paris cukup dekat dengan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Suara.com - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea kembali menjadi perbincangan hangat warganet usai mengunggah video tentang Islam. Di situ, Hotman membagikan video yang berisi mengenai amalan istighfar yang bisa menghapus dosa.

Warganet kemudian curiga kalau Hotman Paris jadi mualaf. Diketahui, ini bukan kali pertama pengacara berdarah batak itu dekat dengan Islam.

Unggahan Hotman Paris [Instagram/@hotmanparisofficial]
Unggahan Hotman Paris [Instagram/@hotmanparisofficial]

Hotman Paris Hutapea yang diketahui beragama Nasrani memang memiliki sikap toleransi beragama yang tinggi. Juli 2019 silam, ia sempat mengunjungi pondok pesantren Lirboyo di daerah Jawa Timur. Selama berada di pesantren Lirboyo ia dipanggil dengan sebutan Gus Hotman.

Kegiatannya tersebut ia bagikan melalui akun Instagram miliknya. Hotman Paris juga tak segan mengikuti segala aktivitas yang ada di pondok pesantren tersebut, mulai dari memakai sarung, hingga duduk di pengajian.

Baca Juga: Gara-Gara Video Ini, Hotman Paris Dicurigai Sudah Mualaf

Hotman pun bercanda dan bercengkerama dengan santri dan kiai di pondok yang terletak di Kediri itu.

Aksi Hotman Paris saat melayat Gus Sholah (capture instagram @hotmanparisofficial)
Aksi Hotman Paris saat melayat Gus Sholah (capture instagram @hotmanparisofficial)

Kemudian, pada Februari 2020, ia terlihat berada di Pesantren Tebuireng, Jombang. Tampak para jamaah sedang menunaikan salat di video yang dibagikan Hotman Paris di Instagramnya. Sementara pengacara kondang itu duduk dengan tenang di ruangan tersebut.

Saat itu, kedatangan Hotman Paris untuk bertakziah ke Ponpes Tebuireng, Jombang, mengikuti prosesi pemakaman KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Di mata Hotman, adik kandung Gus Dur itu sosok ulama yang netral karena tidak memihak pada golongan tertentu.

"Kami melayat untuk menghormati almarhum karena saya pernah juga diundang ke sini untuk memberikan ceramah tahun lalu. Sudah kenal beliau puluhan tahun. Bahkan nama saya ada gus, Gus Hotman beliau juga yang ngasih," kata Hotman Paris kala itu.

Potret Beiby dan Monna asisten Hotman Paris. [Instagram/hotmanparisofficial]
Potret Beiby dan Monna asisten Hotman Paris. [Instagram/hotmanparisofficial]

Tidak hanya dengan Gus Sholah, Hotman mengaku mempunyai hubungan baik istri almarhum, Bu Nyai Farida dan anak-anak Gus Sholah. Oleh sebab itu, dia rela langsung terbang dari Bali untuk memberi penghormatan terakhir kepada cucu pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari tersebut. Gelar Gus sendiri adalah pemberiaan dari Gus Sholah.

Baca Juga: Hotman Paris Unggah Foto Fans-nya: Mirip Meriam Bellina

Postingan kekinian Hotman Paris pun kini langsung menarik perhatian warganet karena masih berkaitan dengan Islam. Pujian mengalir deras di kolom komentar. Banyak pula yang mengira Hotman sudah mualaf.

Sayangnya, Hotman Paris belum mau klarifikasi mengenai postingannya tersebut. Saat dihubungi tim Suara.com terkait isu mualaf, dia juga belum menjawabnya.

Komentar