facebook

5 Band Emo Indonesia Paling Populer Tahun 2000-an, Pernah Dibilang Alay Tapi Punya Sejarah Sendiri!

Farah Nabilla
5 Band Emo Indonesia Paling Populer Tahun 2000-an, Pernah Dibilang Alay Tapi Punya Sejarah Sendiri!
The Side Project, band emo Indonesia. (Instagram/thesideprojectjkt)

Kehadiran band emo tahun 2000-an mengantarkan fase remaja anak kelahiran 1990-an dari alay menuju kedewasaan.

Suara.com - Salah satu kalimat Raditya Dika yang paling populer adalah, "Kita semua pernah alay. Alay adalah proses menuju kedewasaan." Di fase-fase alay, banyak dari remaja Indonesia tahun 2000-an menggandrungi band emo. Tapi, tahu nggak sih, daftar band emo Indonesia paling populer itu band apa saja?

Soalnya, semakin dengan perkembangan industri musik, band emo di tanah air posisinya banyak tergeser oleh genre musik lain, misalnya EDM sampai dangdut campursari yang ngehits pasca deklarasi Sobat Ambyar. Jadi, remaja zaman now mungkin nggak terlalu familier dengan yang namanya band emo.

Tapi, buat remaja tahun 2000-an, ada band-band emo yang selalu di hati karena sudah menemani dari fase alay menuju kedewasaan. Apa saja, ya? Simak daftar band emo Indonesia paling populer di bawah ini!

1. Killed by Butterfly

Personel band Killed by Butterfly. (Instagram/killedofficial)
Personel band Killed by Butterfly. (Instagram/killedofficial)

 Killed by ButterflyBand ini awalnya bernama Seeking Isabelle, kemudian berganti nama menjadi Killed by Butterfly. Nggak ada makna filosofis atau apa pun di balik nama baru ini. Band ini awalnya bernama Seeking Isabelle, kemudian berganti nama menjadi Killed by Butterfly. Nggak ada makna filosofis atau apa pun di balik nama baru ini.

Baca Juga: Daftar 65 Band yang Tampil di When We Were Young Festival dan Harga Tiketnya, Bikin Nostalgia!

Killed by Butterfly terbentuk dari sekumpulan mahasiswa Universitas Trisakti sekitar tahun 2003-2004. Personelnya terdiri dari Ade (drum), Gogo (bass), dan Roma (gitar). 

Nah, Roma ini mewarisi darah seni dari ayahnya, alm. Sophan Sophiaan.

2. Killing Me Inside

Killing Me Inside, band emo Indonesia. (Instagram/josaphatklemens)
Killing Me Inside, band emo Indonesia. (Instagram/josaphatklemens)

Kalau yang ini pasti sudah banyak yang tahu ya. Killing Me Inside adalah grup musik rock asal Jakarta Selatan yang dibentuk pada 7 Juni 2005. 

Ada empat orang anggota, yaitu Josaphat Klemens (gitaris), Machdis Arie (bassis), Gama Ghifari (drummer dan perkusionis), serta Faizal Permana (vokalis).

Mereka cukup produktif, sudah mengeluarkan empat album dan berkolaborasi dengan musisi lain seperti Piyu Padi, Ayu Ratna, juga Luna Maya dan Gading Marten.

Baca Juga: When We Were Young Festival: Info Lengkap Daftar Band, Harga Tiket, Cara Beli Tiket, Jadwal Konser

3. Seems Like Yesterday 

Seems Like Yesterday, band emo Indonesia. (Instagram/seemslikeyesterday)
Seems Like Yesterday, band emo Indonesia. (Instagram/seemslikeyesterday)

Sudah ada sejak tahun 2000-an awal, band ini masih aktif lho sampai sekarang. Dulu, Seems Like Yesterday sempat menghilang setelah vokalisnya, Brutz meninggal dunia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar