facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Beredar Video Klaim Kabarkan Detik-Detik Ruben Onsu Meninggal, Ini Faktanya

Yazir Farouk
Beredar Video Klaim Kabarkan Detik-Detik Ruben Onsu Meninggal, Ini Faktanya
Artis Ruben Onsu. [suara.com/Yazir Farouk]

Ruben Onsu belakangan memang dirawat di rumah sakit.

Suara.com - Ruben Onsu lagi-lagi dikabarkan meninggal dunia. Kali ini kabar tersebut beredar lewat video dengan durasi 2.15 menit.

Video tersebut diunggah oleh channel Youtube YULIS TV pada 5 Juni 2022 dan berjudul "Detik – Detik Terakhir ruben onsu sebelum meninggal dunia."

Benarkah kabar tersebut?

Cek Fakta: Benarkah Ruben Onsu meninggal? (Turnbackhoax)
Cek Fakta: Benarkah Ruben Onsu meninggal? (Turnbackhoax)

PENJELASAN

Baca Juga: Bopak Castello Ngutang Puluhan Juta, Raffi Ahmad Siap Bantu Lunasi

Dilansir dari Turnbackhoax.id- jaringan Suara.com, video yang ditayangkan adalah beberapa cuplikan yang diambil dari video The Onsu Family dengan judul Kondisi Ruben Onsu Saat Terbaring di ICU, Semua Sedih yang diunggah pada 4
4 Juni 2022.

Video berdurasi 19 menit tersebut menjelaskan keadaan Ruben Onsu yang memang sedang berada di ICU karena membutuhkan darah dalam waktu yang cepat. Ruben diketahui alami darah rendah.

Ruben Onsu.
Ruben Onsu.

Pada menit ke 15.54 dalam tayangan video tersebut menampilkan Ruben Onsu yang sudah mulai bercengkerama dengan keluarga. Tentu saja, isi video tak sesuai dengan judul yang ditulis.

Sementara, Ruben Onsu juga masih aktif meunggah kegiatan hariannya di akun Instagram miliknya. Bahkan pada 8 Juni 2022, Ruben masih mengantar anaknya pergi ke sekolah.

Ruben Onsu [Instagram]
Ruben Onsu [Instagram]

KESIMPULAN

Baca Juga: CEK FAKTA: Ruben Onsu Dikabarkan Meninggal Dunia, Benarkah?

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Ruben Onsu meninggal adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar