Dua Warga Tangerang Meninggal Akibat Flu Burung

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Dua Warga Tangerang Meninggal Akibat Flu Burung
Ilustrasi flu burung

Pasien berinisial T (40) dan anaknya Mi (2) positif flu burung.

Suara.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi bahwa pasien berinisial T (40), warga kecamatan Cipondoh,  Tanggerang, Banten dan anaknya berinisial Mi,  yang baru berusia 2 tahun meninggal akibat virus flu burung H5N1.

"Ya, jadi hasil konfirmasi dari laboratorium baru tadi pagi itu memang positif. Kasusnya ini tepatnya di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, atas nama Tuan N laki-laki usia 40 tahun," kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, HM Subuh melalui sambungan telepon, Kamis (26/3/2015).

Lelaki berinisial N diketahui sempat mengalami peningkatan suhu badan disertai sesak napas sebelum akhirnya meninggal dunia pada Selasa (24/3/2015) pukul 16.30 WIB.

"Saat dirawat di rumah sakit sudah ada kecurigaan dari dokter yang merawat bahwa dia suspect flu burung. Waktu dia sakit sudah diambil sampelnya kemudian hasilnya positif," imbuh Subuh.

Setelah T meninggal pada Selasa, sang anak Mi ternyata diketahui juga mengalami gejala serupa hingga pada Rabu (25/3/2015), dirujuk ke RS Persahabatan hingga akhirnya pada Kamis pukul 04.00 pagi (26/3/2015) dinyatakan meninggal.

"Dan hasil laboratoriumnya juga positif. Jadi ada dua positif. Hasilnya H5N1," Subuh menambahkan.

Tim dari Kementerian Kesehatan yang terdiri dari Dirjen P2PL, Balitbangkes, dan Dinas Kesehatan kota Tanggerang tengah, lanjut dia, melakukan penyelidikan epidimiologi dan investigasi di tiga tempat, antara lain tempat tinggal korban, rumah sakit, dan lingkungan sekitarnya.

"Yang kita lakukan pertama adalah konfimasi terhadap riwayat penyakitnya, jadi kita ikuti dari awal demam itu kita lakukan wawancara dengan pihak keluarga," ujarnya.

Subuh mengimbau masyarakat tak perlu resah. Ia menyarankan agar masyarakat menghindari kontak langsung dengan unggas, mewaspadai unggas yang mati mendadak dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS