Ini Bahaya Ber-make Up Saat Olahraga

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Ini Bahaya Ber-make Up Saat Olahraga
Ilustrasi. (Shutterstock)

Make up justru menghalangi kulit untuk bernapas.

Suara.com - Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat semakin meningkat. Hal ini terlihat dari maraknya aktivitas fisik yang dilakukan mulai dari yoga, pilates, gym hingga zumba.

Namun, sesuai kodratnya, perempuan tak bisa lepas dari kegiatan mempercantik diri termasuk saat olahraga. Untuk kebutuhan dokumentasi di jejaring sosial, banyak perempuan yang merias diri dengan make up sebelum olahraga.

Sayangnya, hal ini tidak dibenarkan oleh dr Adhimukti T. Sampurna, SpKK, dari Bamed Skin Care. Menurut dia menggunakan make up saat melakukan aktivitas fisik bisa mengganggu kesehatan kulit hingga memicu timbulnya masalah yang mengganggu penampilan.

"Ketika melakukan aktivitas fisik, seseorang akan banyak berkeringat. Make up yang dikenakan sebelum berolahraga bisa menghalangi kulit untuk bernapas karena menutupi pori-pori, kelenjar minyak, dan keringat. Ini memicu timbulnya komedo hingga jerawat," kata Adhi di Jakarta, belum lama ini.

Timbulnya sederet masalah akibat penggunaan make up sebelum berolahraga, lanjut dia, bisa muncul setelah pertama kali melakukan atau bahkan setelah berkali-kali menerapkannya, tergantung jenis kulit.

"Biasanya untuk kulit sensitif sekali olahraga pakai make up langsung jerawatan," terang Adhi.

Untuk menghindari risiko ini, ia menganjurkan perempuan tidak menggunakan make up ketika olahraga.

"Kalau sebelumnya pakai make up ya dihapus dulu, cuci muka. Biarkan racun dalam tubuh keluar melalui keringat saat olahraga," pungkasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS