Risiko Ini Mengintai Pengguna Behel Gigi

Esti Utami | Firsta Nodia
Risiko Ini Mengintai Pengguna Behel Gigi
Ilustrasi kawat gigi (shutterstock)

Jika memang tidak memiliki masalah dengan susunan gigi disarankan untuk tidak memasang behel.

Suara.com - Memakai kawat gigi kini menjadi tren di kalangan anak muda. Bahkan banyak orang yang tak memiliki masalah dengan susunan giginya, juga berusaha memoles penampilannya dengan kawat gigi. Tapi, amankah menggunakan kawat gigi hanya untuk penampilan semata?

Menurut dokter gigi spesialis ortodonti, Dwi Anie Lestari, menggunakan kawat gigi untuk sekedar asesori tidak disarankan. Pasalnya ortodonti atau pemasangan kawat gigi merupakan tindakan medis jangka panjang untuk mengembalikan fungsi gigi.

"Pada dasarnya kawat gigi digunakan untuk memperbaiki susunan gigi dan estetika wajah. Dan menggunakan behel itu pasti menimbulkan efek tertentu seperti nyeri karena adanya tekanan pada gigi. Jadi bukan untuk asesori semata," ujarnya pada peluncuran 'Formula Orthodontic Series' di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Lebih lanjut ia menuturkan, pada dasarnya tindakan ortodonti atau pemasangan behel memberi tekanan pada gigi untuk berada pada posisi sempurna. Jika hal ini dilakukan pada susunan gigi yang tak bermasalah maka akibatnya justru bisa merusak susunan gigi.

"Selain itu efek kebersihan gigi juga akan terganggu. Nggak pakai kawat gigi aja plak bisa numpuk apalagi pakai, risikonya lebih banyak. Jadi kalau memang nggak bermasalah susunan giginya, tidak perlu pakai kawat gigi," imbuhnya.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Satu jam lagi!
Facebook Live @suaradotcom Talkshow bersama Sandiaga Uno @sandiuno membahas posisi Jakarta di mata Dunia🇮🇩
.
Hari Sabtu 16 Desember 2017 Jam 11 : 00 WIB
.
Nah kalau kamu ingin Jakarta seperti apa? 
Staytuned! Facebook: Suaradotcom📽
.
#suaradotcom #facebooklive #sandiagauno #paradigma #pemprovdkijakarta #talkshow #infojakarta #livefacebook #portalmedia  #sandiagaunountukdki #dkijakarta

INFOGRAFIS