Konsumsi Yoghurt Bisa Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Dythia Novianty

Sabtu, 05 Maret 2016 | 15:14 WIB
Konsumsi Yoghurt Bisa Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi yoghurt (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah penelitan menunjukkan perempuan yang makan lima atau lebih porsi dari yoghurt dalam waktu satu minggu, akan lebih jarang mengalami tekanan darah tinggi. Efek dari yoghurt ini memang lebih terlihat di wanita, karena pria memakan yoghurt lebih sedikit dari perempuan.

Manfaat dari makan yoghurt lima kali seminggu lebih banyak dibandingkan orang yang mengonsumsi banyak buah, sayur, kacang-kacangan dan biji. Yoghurt yang dikonsumsi lima porsi dalam seminggu, mampu menurunkan sebanyak 31% dari resiko tekanan darah tinggi, dibandingkan mereka yang makan sebulan sekali.

Justin Buendia, seorang kandidat PhD di Boston University School of Medicine mengatakan, tidak ada satu makanan merupakan peluru ajaib, tetapi menambahkan yoghurt untuk diet sehat tampaknya dapat membantu mengurangi risiko jangka panjang dari tekanan darah tinggi pada wanita.

"Saya percaya ini adalah studi terbesar dari jenisnya untuk mengevaluasi efek khusus dari yoghurt pada tekanan darah," ujarnya seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (5/3/2016).

Buendia, yang mempresentasikan penelitian pada konferensi American Heart Association menambahkan, dari studi yang dilakukan menunjukkan bahwa asupan harian produk susu, terutama yoghurt, menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Ini menggunakan data yang diambil dari studi kesehatan perawat yang melibatkan lebih dari 240.000 orang, terutama perempuan antara usia 25 dan 55 tahun. Sebuah studi kedua 51.000 profesional kesehatan, sebagian besar pria antara 40 dan 75 tahun.

Sayang, dalam presentasi tersebut tidak disebutkan bagaimana yoghurt dapat mengurangi tekanan darah. Namun, bakteri dalam yoghurt dapat berperan membantu menurunkan kolesterol, yang dapat menyebabkan pembuluh darah terbatas kemudian mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Makanan ini juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Para peneliti juga menemukan, bahwa yoghurt dapat membantu melawan osteoporosis dan menghindari seseorang dari penyakit jantung.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Lebih Sehat dan Aman di Perut, Ini 4 Macam Ragi Alami untuk Membuat Roti

Lebih Sehat dan Aman di Perut, Ini 4 Macam Ragi Alami untuk Membuat Roti

Your Say | Kamis, 16 Juli 2026 | 16:50 WIB

Frozen Yoghurt Makin Naik Kelas, Kini Hadir dengan Rasa Kekinian hingga Dubai Chocolate

Frozen Yoghurt Makin Naik Kelas, Kini Hadir dengan Rasa Kekinian hingga Dubai Chocolate

Lifestyle | Rabu, 08 Juli 2026 | 16:49 WIB

Tidak Selalu Baik, Berikut 3 Efek Samping Mengonsumsi Yogurt Berlebihan

Tidak Selalu Baik, Berikut 3 Efek Samping Mengonsumsi Yogurt Berlebihan

Your Say | Senin, 23 Oktober 2023 | 10:45 WIB

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sakit Tenggorokan, Ada Yoghurt!

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sakit Tenggorokan, Ada Yoghurt!

Your Say | Kamis, 10 Agustus 2023 | 07:51 WIB

Tingkatkan Nilai Jual Susu Sapi, G Creasi Gelar Pelatihan Pembuatan Yoghurt di Bumi Aji

Tingkatkan Nilai Jual Susu Sapi, G Creasi Gelar Pelatihan Pembuatan Yoghurt di Bumi Aji

Bisnis | Senin, 31 Juli 2023 | 07:43 WIB

Konsumsi Yoghurt Tiap Hari untuk Penderita Darah Tinggi, Ini 3 Manfaatnya!

Konsumsi Yoghurt Tiap Hari untuk Penderita Darah Tinggi, Ini 3 Manfaatnya!

Your Say | Kamis, 06 Juli 2023 | 12:31 WIB

5 Pilihan Camilan Sehat yang bisa Anda Konsumsi untuk Meningkatkan Stamina

5 Pilihan Camilan Sehat yang bisa Anda Konsumsi untuk Meningkatkan Stamina

Your Say | Sabtu, 24 Juni 2023 | 14:18 WIB

Yoghurt sampai Brokoli, 5 Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Nyeri Haid

Yoghurt sampai Brokoli, 5 Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Nyeri Haid

Your Say | Jum'at, 05 Mei 2023 | 20:10 WIB

Tidak Hanya Air Putih, Ini 3 Minuman yang Baik Diminum saat Berbuka Puasa

Tidak Hanya Air Putih, Ini 3 Minuman yang Baik Diminum saat Berbuka Puasa

Your Say | Selasa, 21 Maret 2023 | 13:25 WIB

Turunkan Berat Badan! Ini 4 Cara Menarik Menyajikan Yoghurt agar Tak Bosan

Turunkan Berat Badan! Ini 4 Cara Menarik Menyajikan Yoghurt agar Tak Bosan

Your Say | Rabu, 15 Maret 2023 | 10:21 WIB

Terkini

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Sumsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:06 WIB

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:02 WIB

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:57 WIB

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:50 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:46 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:38 WIB

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Bogor | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:32 WIB

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bola | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:45 WIB

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:35 WIB

×