Manfaatkan Seribu Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Hal Ini

Dythia Novianty | Dinda Rachmawati
Manfaatkan Seribu Hari Pertama Kehidupan Anak dengan Hal Ini
Ilustrasi bayi baru lahir. (Shutterstock)

Seribu hari pertama merupakan masa penting bagi kehidupan anak.

Suara.com - Seribu hari pertama adalah masa penting bagi kehidupan seorang anak, yang akan berdampak pada masa depannya. Menurut Dokter Anak Herbowo Soetomenggolo, seribu hari pertama kehidupan atau yang biasa disebut 'periode emas' dimulai dari hari pertama kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Periode ini, kata dia, juga penting karena tahap ini merupakan peluang bagi anak mendapatkan dasar-dasar kesehatan optimal, pertumbuhan dan perkembangan saraf untuk seluruh jangka kehidupan mereka.

"Jadi kalau di masa seribu hari pertama, anak memiliki masalah, akan terbawa hingga mereka dewasa. Karena seribu hari pertama adalah jendela kesempatan untuk anak," jelasnya dalam acara 'Mitu Dunia Eksplorasi' di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Karena hal ini, lanjut dr Herbowo, diharapkan orang tua bisa melakukan berbagai hal yang tepat dalam periode ini. Prinsipnya, sebenarnya sangat mudah, yakni yang dimulai dari terpenuhinya nutrisi, serta melakukan stimulasi yang optimal.

Tak hanya itu, sebaiknya orang tua, khususnya ibu, lebih memperhatikan lingkungan sekitar anak, dan bisa lebih mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan aman dan higienis.

"Jangan batasi anak untuk bereksplorasi. Biarkan dia melakukan apa yang dia inginkan, mengenal lingkungannya. Tugas orang tua hanya mengawasi dan biasakan untuk terlibat," tutup dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS