Mandi Air Dingin, Ini Manfaat yang Anda Rasakan

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Mandi Air Dingin, Ini Manfaat yang Anda Rasakan
Ilustrasi perempuan mandi. (Shutterstock)

Tak cuma menyegarkan tubuh, tapi juga ada banyak manfaat lain dari mandi air dingin, apa saja?

Suara.com - Mandi air dingin kerap membuat tubuh menggigil kedinginan. Tapi tahukah Anda bahwa dibalik 'pengorbanan' ini, ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan dengan mandi air dingin.

Jessie Cheung, dokter kulit di daerah Chicago mengatakan, air dingin dapat membantu menjaga kulit kepala tetap lembab. Manfaat ini akan sangat berarti bagi mereka pemilik rambut berketombe.

Lembabnya area kulit kepala akan mencegah ketombe berhamburan ke helaian rambut. Tak hanya itu, mandi air dingin juga dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit.
Suhu yang dingin ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit Anda tampak lebih sehat dan kenyal.

Begitu juga dengan penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Circumpolar Health menemukan bahwa mandi air dingin meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Menurut temuan ini, suhu dingin yang mengalir melalui air ini dapat meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan. Bahkan mandi air dingin selama 2-3 menit terbukti dapat membantu meringankan gejala depresi.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan manfaat mandi air dingin yang dapat menstimulasi lemak cokelat yang memicu perut buncit. Itu sebabnya banyak yang meyakini mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan semua manfaat ini, Cheung menyarankan agar Anda menyempatkan diri untuk mandi air dingin setiap hari dengan durasi 10 menit. Dan rasakan sejuta khasiat dari mandi air dingin. (Health.com)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS