Studi Terkini: Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak

Ririn Indriani

Jum'at, 14 Juli 2017 | 07:53 WIB
Studi Terkini: Minyak Zaitun Bisa Cegah Kanker Otak
Minyak zaitun (shutterstock)

Suara.com - Sudah tidak diragukan lagi jika minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Beberapa peneliti telah menghubungkan kandungan lemak dalam minyak zaitun dengan penurunan risiko obesitas dan penyakit jantung, serta peningkatan kemampuan kognitif seseorang.

Kini, penelitian baru menunjukkan bahwa minyak zaitun juga bisa membantu mencegah kanker otak. Berikut penjelasan lengkap tentang temuan terkini para peneliti tentang manfaat minyak zaitun yang memiliki potensi dapat mencegah kanker otak dihimpun oleh hellosehat.com.

Apa itu kanker otak?
Kanker otak adalah tumbuhnya tumor ganas atau berbahaya yang ada di otak. Perlu diketahui, tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker. Pasalnya, ada pula tumor otak yang bersifat jinak.

Nah, tumor otak sendiri adalah pertumbuhan sel-sel otak yang abnormal dan tidak terkendali di bagian otak. Tumor ini dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang.

Kanker otak dibagi menjadi dua tipe. Terdiri dari kanker otak primer (terhitung 75 persen dari seluruh kasus tumor otak) yang penyebabnya datang dari otak, dan kanker otak sekunder (25 persen dari seluruh kasus kanker otak) yang muncul dari bagian tubuh lain dan menyebar sampai ke otak. Kanker otak tidak dapat dihindari tapi sebagian besar dapat ditangani jika terdeteksi sejak awal.

Temuan Terkini Para Peneliti
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Edinburgh di Inggris menemukan bahwa asam oleat – asam lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam minyak zaitun, mampu menghentikan aktivitas protein yang memicu terbentuknya kanker di sel otak.

Meskipun belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, namun temuan menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium.

Para peneliti juga menambahkan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperdalam temuan ini terkait manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan otak. Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biology, menunjukkan adanya kemungkinan terapi dengan mengonsumsi minyak zaitun untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel otak

Khasiat Asam Oleat Dalam Minyak Zaitun
Asam oleat adalah salah satu kelompok nutrisi yang dikenal sebagai asam lemak yang merangsang produksi molekul sel. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asam oleat dapat menghambat aktivitas penyebab penyakit protein spesifik.

Dengan pemikiran ini, para peneliti pun menyelidiki bagimana senyawa minyak zaitun tersebut mempengaruhi aktivitas protein miR-7, sebuah microRNA yang berperan dalam menekan proses pembentukan tumor. MicroRNA ini produksinya dihambat oleh protein lain yang disebut MSI2. Bila ini terjadi berkepanjangan, bukan mustahil tumor akan terbentuk.

Untuk mencapai temuan mereka, para peneliti menguji pengaruh asam oleat pada ekstrak sel manusia dan sel hidup di laboratorium. Hasilnya, mereka menemukan bahwa asam oleat menghambat aktivitas MSI2. Dengan demikian, produksi miR-7 dapat berlangsung dan pertumbuhan tumor dapat ditekan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Yuk, Manfaatkan Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Yuk, Manfaatkan Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Lifestyle | Rabu, 25 Mei 2016 | 16:47 WIB

5 Cara Gunakan Minyak Zaitun Untuk Usir Kerutan di Wajah

5 Cara Gunakan Minyak Zaitun Untuk Usir Kerutan di Wajah

Lifestyle | Kamis, 11 Februari 2016 | 13:21 WIB

Hati-hati, Minyak Zaitun Bahaya untuk Kulit

Hati-hati, Minyak Zaitun Bahaya untuk Kulit

Health | Rabu, 23 September 2015 | 08:31 WIB

Terkini

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:11 WIB

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:00 WIB

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:52 WIB

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:48 WIB

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:25 WIB

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:17 WIB

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

×