Alexa

Bayi 8 Bulan Diberi ASI Perah dan Air Putih, Bolehkah?

Ririn Indriani
Bayi 8 Bulan Diberi ASI Perah dan Air Putih, Bolehkah?
Ilustrasi bayi minum ASI perah menggunakan botol susu. (Shutterstock)

Pemberian ASI perah banyak dilakukan oleh ibu yang bekerja.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Anak saya berusia 8 bulan. Setelah lolos ASI eksklusif, dia susah sekali minum ASI perah (ASIP) melalui botol atau training cup, karena saya bekerja. Jadi dia hanya menyusu langsung saat saya di rumah. Saat saya bekerja dia hanya menghabiskan 100 ml ASIP, selebihnya dia meminum air putih. Apakah hal seperti ini tidak akan mengganggu kesehatannya? Media apakah yang harus saya gunakan untuk memberikan ASIP agar lebih mudah? Mohon sarannya, Dok. Terima kasih.

WI
 
Jawab:

Selamat siang Ibu WI,
Untuk usia di atas 6 bulan dapat memperbanyak jumlah dan frekuensi makanan pendamping ASI (MPASI) selama ibu bekerja. Jangan terlalu sering memberi air putih, karena bayi akan lebih memilih minum air daripada ASI, karena rasanya yang segar, tapi tidak bernilai gizi.

ASI perah dapat juga diberikan menggunakan pipet, training cup atau sedotan, dan bayi bisa diajari menyedot. Pada usia 6 bulan memang sudah saatnya anak mendapatkan MPASI.
Bayi berusia 6 bulan bisa dimulai dengan pemberian pure atau bubur halus dan encer, karena diharapkan bayi sudah terbiasa, mengingat bayi sudah terbiasa untuk mengonsumsi ASI sebelumnya. Kemudian tekstur makanan bayi usia 6 bulan dari pure bisa dibuat semakin kental sesuai dengan pertambahan usianya.

Jangan berikan bahan tambahan termasuk gula atau garam ke dalam makanan bayi usia 6 bulan, karena fungsi ginjalnya belum sempurna. Rasa dari Makanan bayi usia 6 bulan dari pure asli sudah cukup memberi rasa bagi bayi.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Adnan Yusuf
Sumber: https://meetdoctor.com/

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS