Anak Terbiasa Minum Air Mineral, Rasakan Manfaatnya

Chaerunnisa | Dinda Rachmawati
Anak Terbiasa Minum Air Mineral, Rasakan Manfaatnya
Ilustrasi anak minum air mineral (Shutterstock)

Mengajak anak terbiasa minum air mineral memberikan banyak manfaat.

Suara.com - Kebiasaan minum air putih yang sehat tidak hanya penting bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sayangnya, berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan European Journal of Nutrition, satu dari empat anak di Indonesia masih kurang minum air mineral.

Padahal, kata Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), dr. Budi Wiweko, usia anak lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Pasalnya, mereka masih memiliki sensabilitas rasa haus yang lebih rendah, serta tidak dapat mengekspresikan rasa haus dengan baik.

"Makin muda usia, maka kebutuhan air juga semakin banyak. Karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air yang membutuhkan mineral untuk perkembangan otak, intelegensia, tumbuh kembang dan metabolisme," ungkap dia dalam acara "Aqua Membangun Kebiasaan Sehat Sejak Usia Dini" di Jakarta, Senin (24/7/2017).

Mineral yang terkandung dalam air memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh, seperti zinc yang berfungsi membantu respon imun dan fungsi otak, kalium yang dapat membantu sistem saraf dan otot tubuh, hingga magnesium dan kalium yang dapat menjaga jantung dan pembuluh darah.

Kekurangan air pada anak, sambungnya, tidak hanya membuat anak mengalami dehidrasi, tapi juga berhubungan dengan daya konsentrasi yang menurun. Anak yang kekurangan air, kurang fokus, khususnya dalam hal belajar.

Dalam jangka panjang, kata dokter yang akrab disapa Iko, akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan jangka panjang, seperti gangguan ginjal angkut, kencing manis, darah tinggi, hingga infeksi saluran kemih.

Agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan, dr. Iko menekankan orangtua mulai membiasakan anaknya minum air mineral secara mandiri, baik di dalam maupun luar rumah.

"Kebiasaan ini bisa dibangun dengan memberikan arahan, dan jejak ingatan poaitif terhadap kebiasaan minum air mineral sebelum dan sesudah beraktivitas," tandasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS