Alexa

Perempuan, Waspadalah Bila Payudara Alami Perubahan Ini

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Perempuan, Waspadalah Bila Payudara Alami Perubahan Ini
Ilustrasi payudara. (Shutterstock)

Perubahan pada payudara bisa mencerminkan kondisi kesehatan perempuan.

Suara.com - Tahukah Anda bahwa perubahan pada payudara dapat memberi sinyal terhadap kondisi kesehatan Anda? Ya, dengan memperhatikan payudara setiap bulannya, Anda bisa menemukan lebih dini gangguan yang mungkin dialami, seperti adanya benjolan yang mengarah pada kanker payudara.

Selain itu ada banyak hal yang coba disampaikan payudara dengan perubahan yang dialaminya. Untuk itu Anda perlu waspada bila mengalami perubahan pada payudara seperti yang dilansir Boldsky ini.

1. Perubahan ukuran payudara
Peningkatan ukuran payudara dapat disebabkan oleh penambahan berat badan, pil KB dan perubahan hormon selama siklus haid bulanan.

Peningkatan ukuran payudara Anda umumnya menunjukkan kenaikan berat badan dan penurunan menunjukkan penurunan berat badan. Ukuran payudara juga bisa meningkat sesaat sebelum menstruasi atau jika sedang hamil.

2. Perubahan bentuk payudara
Diet dan fluktuasi berat badan yang ekstrem dapat meningkatkan risiko perubahan bentuk pada payudara. Ada yang semakin kencang namun ada pula yang menjadi lebih bergelambir karena ligamen otot mulai meregang dan kulit payudara kehilangan elastisitasnya.

3. Timbul nyeri
Nyeri di bagian payudara biasanya disebabkan oleh sindrom pramenstruasi atau PMS. Jika Anda selalu menderita nyeri pada payudara sebelum menstruasi maka Anda mungkin harus menanggung rasa sakit ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

4. Adanya benjolan
Perubahan payudara secara mendadak dan tidak dapat dijelaskan biasanya mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius. Adanya benjolan, pelepasan puting susu, dan lainnya adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Puting ke dalam
Puting susu yang masuk ke dalam normal jika memang dari awal selalu seperti itu. Masalahnya adalah jika Anda mengalami kondisi ini secara tiba-tiba. Pasalnya hal ini merupakan salah satu gejala kanker payudara. Segera lakukan pemeriksaan untuk mendapat penyebab pastinya.

6. Perubahan warna
Sebagian besar kanker payudara stadium lanjut dapat menyebabkan perubahan warna kulit payudara. Tapi perubahan warna payudara juga merupakan tanda kehamilan saat puting dan areola membesar dan warnanya menggelora.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS