Bantu Proses Kehamilan, Cara Ini Bikin Lendir Serviks Subur

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Bantu Proses Kehamilan, Cara Ini Bikin Lendir Serviks Subur
Ilustrasi. (Shutterstock)

Tanpa lendir serviks, sel sperma tidak bisa membuahi sel telur.

Suara.com - Tahukah Anda jika peran lendir leher rahim (serviks) dalam proses kehamilan tidak bisa diremehkan. Tanpa lendir serviks, sel sperma tidak bisa membuahi sel telur.

Ya, sperma harus berenang dan menempuh jarak untuk mencapai sel telur dan lendir leher rahimlah yang membuatnya lancar saat 'perjalanan' tersebut berlangsung.

Lendir serviks juga bisa menentukan tingkat kesuburan dan siklus ovulasi Anda. Berikut beberapa cara untuk membuat lendir serviks Anda lebih subur, seperti yang dilansir Boldsky.

1. Minum air yang cukup
Lendir serviks terdiri dari air. Jadi, pada dasarnya jika Anda mengalami dehidrasi, ini bisa menyebabkan satu masalah besar.

Jika Anda tidak minum air dengan benar dan cukup, serviks Anda mungkin cenderung mengering. Jika tidak licin, sel sperma tidak bisa berjalan dengan nyaman untuk membuahi sel telur.

2. Makan bawang putih
Bawang putih bisa bertindak baik pada lendir serviks, karena bawang putih menawarkan seng, natrium, kalium, fosfor, mangan, magnesium, besi, kalsium, vitamin C, folat, vitamin B1, B2, B3 dan B6. Ini juga mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan sel telur.

3. Sayuran berdaun hijau
Ini adalah makanan yang sangat penting. Sayuran berdaun hijau bisa membuat tubuh Anda basa, yang tentunya baik untuk lendir serviks dan sperma.

4. Minum teh hijau
Beberapa penelitian mengklaim bahwa teh hijau baik untuk meningkatkan kesuburan lelaki maupun perempuan. Teh hijau menawarkan katekin, flavonoid, polifenol dan hipoksantin. Selain itu, teh hijau mengandung L Theanine, seng dan mangan yang bisa mengurangi tingkat stres. Tapi minum tidak lebih dari secangkir teh hijau sehari.

5. Sirup obat batuk
Sirup obat batuk bisa mengatasi lendir di tenggorokan, dan juga bisa bekerja dengan baik untuk lendir serviks. Bahan yang dikenal sebagai guaifenesin yang hadir dalam sirup obat batuk, bisa mengencerkan cairan serviks, tapi jangan mengonsumsinya terlalu banyak.

Konsumsilah sirup obat batuk sehari sebelum Anda ovulasi. Juga, pastikan bahwa Anda banyak minum air putih setelah mengkonsumsi sirup obat batuk. Namun sebelum mencobanya, konsultasikan dengan dokter Anda dan jauhi cara ini jika Anda memiliki masalah hati atau masalah kesehatan kronis lainnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS