6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

Kusuma
6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat
Cara menghilangkan jerawat batu yang alami dan cepat paling ampuh

Cara menghilangkan jerawat batu dengan cara alami dan cepat bisa menggunakan lidah buaya, mentimun atau tomat..

Suara.com - Timbulnya jerawat merupakan situasi yang membuat kebanyakan kita tidak nyaman dan ini sering menyebabkan kita merasa tidak percaya diri terhadap penampilan. Jerawat terutama juga tidak baik bagi kesehatan kulit yang akhirnya membuat lapisan kulit rusak. Jadi ketika wajah kita ditumbuhi jerawat, maka ini wajib segera ditangani secepatnya agar kita bisa menjauhi resiko buruk yang lebih besar terhadap kesehatan kulit kita. Ada jenis jerawat yang cukup sulit dihilangkan apaalagi ketika sudah menempel penuh dikulit, jenis jewarat ini dikenal sebagai jerawat batu.

Jerawat batu dalam bahasa kedokteran disebut Systic Acne mempunyai ukuran lebih besar dari ukuran jenis jerawat lainnya yang sering kita temui. Penyebab munculnya jerawat batu biasanya dikarenakan peradangan yang cukup parah pada kulit. Jerawat batu juga sering mengakibatkan rasa sakit yang lebih jika sudah mendatangi wajah, dimana bagian yang sering menjadi tempat transit jerawat batu antara lain di dahi dan pipi. Dan jerawat batu berbeda dengan masalah komedo, sangat disarankan jika jerawat batu sudah muncul segera lakukan tindakan untuk menyingkirkan jerawat batu dari wajah anda, tentunya dengan cara alami.

Apa yang menyebabkan timbulnya jerawat batu? Inilah jawaban penyebab munculnya jerawat batu:

1. Kulit di Wajah Sangat Sensitif

Jenis kulit yang kebanyakan ditumbuhi jerawat batu biasanya memiliki tingkat sensitif yang berlebih. Beberapa rangsangan saja akan membuat kulit sensitif ini bermasalah, misalnya ketika lubang pori-pori pada kulit wajah tersumbat oleh jerawat akan mudah menimbulkan peradangan, dan akhirnya jerawat batupun timbul.

2. Melakukan Kebiasaan yang Tidak Baik

Kebiasaan buruk yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu antara lain begadang dan merokok. Begadang merupakan aktifitas yang membuat waktu tidur anda jauh berkurang, padahal salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan waktu istirahat atau tidur yang cukup. Merokok juga jelas-jelas akan merusak kesehatan anda, bukan hanya di dalam tubuh karena kandungan zat racunnya namun juga untuk kulit wajah karena asap rokok dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat.

3. Menggunakan Cara yang Beresiko

Kebanyakan kita selalu terburu-buru untuk menghilangkan jerawat batu yang muncul dengan memencetnya menggunakan sebuah alat misalnya sebuah alat pencabut yang ada dirumah. Didalam pikiran kita mungkin dengan mencabutnya saja maka hilang sudah jerawat batunya, padahal resiko terjadinya peradangan cukup besar apabila anda melakukan hal itu, apalagi jika alat yang dipakai tidak higienis. Ini bisa menyebabkan lapisan kulit rusak dan terjadinya bekas jerawat yang tidak enak dilihat.

4. Tidak Membersihkan Wajah Dengan Rutin

Ketika kita sudah beraktifitas seharian, apalagi di ruang terbuka maka tidak diragukan lagi banyak kotoran yang sudah menempel pada wajah. Wanita yang memakai kosmetik atau make up pun menjadi perhatian dalam hal ini. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana kebiasaan kita disiplin dalam membersihkan wajah khususnya dengan kondisi tadi. Contoh yang sering terjadi biasanya karena malas atau kelelahan tidak membersihkan wajah secara rutin saat malam hari.

5. Konsumsi Makanan dan Minuman Sembarangan

Makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan menjadi faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jenis makanan berminyak dan bersoda tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan, misalnya gorengan dan cola. Apabila anda mengutamakan kesehatan konsumsilah makanan dan minuman yang sehat, alami dan bergizi setiap hari.

Mulai saat ini hindarilah hal-hal yang menjadi penyebab jerawat batu yang sekiranya bisa anda lakukan. Minimal anda telah memperkecil dari terkena jerawat pada kulit anda. Namun untuk anda yang sedang mengalami jerawat ini sekarang, ada cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat yang bisa anda jadikan referensi untuk mengatasinya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu secara alami? Cara-cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan alami:

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang mudah didapat, bahkan kita bisa menanamnya sendiri. Lidah buaya mengandung zat yang sangat berkhasiat dan baik bagi kesehatan kulit wajah anda.

Cara Memakainya:

- Siapkan lidah buaya secukupnya, kemudian kupas kulitnya.
- Lalu anda dapat mengoles kulit wajah memanfaatkan lendir lidah buaya yang sudah anda kupas tadi.
- Diamkan 10-15 menit.
- Bilas dengan air hangat.
- Lakukan 2 kali sehari, bisa di pagi dan malam hari.
- Nanti setelah kurang lebih 3-5 hari jerawat anda akan mengering dan terkelupas sendiri.
- Ini bisa dipraktekkan juga untuk bekas jerawat.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Jeruk nipis memiliki kandungan untuk membunuh bakteri yang ada dikulit wajah, dipercaya jerawat yang membandelpun mampu dihapus memakai jeruk nipis.

Cara Memakainya:

- Siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah.
- Belah jeruk nipis jadi 2 bagian.
- Peras dengan saringan.
- Oleskan air perasan jeruk ke wajah anda
- Biarkan sekitar 10 menit.
- Cuci dengan air hangat.

Efek awal ketika anda menggunakan jeruk nipis yaitu adanya rasa perih diwajah, namun kelamaan kulit akan terbiasa dan tidak merasakannya lagi.

3. Menggunakan Tomat

Buah tomat mengandung banyak cairan, manfaat dari buah tomat bisa dirasakan untuk kesehatan baik dalam dan luar tubuh. Taukah anda ternyata buah tomat mampu memberikan khasiat yang luar biasa bagi wajah yang akan membuat kulit wajah bersih dari jerawat dan bekas jerawat serta selalu kencang secara alami.

Cara Memakainya:

- Ambil 1 buah tomat
- Iris menjadi beberapa bagian tipis
- Haluskan tomat dengan sendok
- Oles merata diwajah
- Tunggu kurang lebih 15-25 menit atau bisa didiamkan semalaman
- Cuci dan bersihkan

4. Menggunakan Mentimun

Cara berikutnya menghilangkan jerawat batu dan bekas jerawat bisa dengan memanfaatkan mentimun. Mentimun sangat mudah dicari dan harganya pun tidaklah mahal.

Memakai mentimun sebagai pembasmi jerawat alami sangatlah ampuh, cukup iris mentimun menjadi beberapa bagian tipis menggunakan pisau bersih. Lalu letakkan irisan-irisan tipis mentimun tadi langsung pada wajah. Jika anda ingin mendapat hasil yang paling maksimal, diamkan kurang lebih 30 menit atau anda bisa membiarkannya sampai pagi disaat anda tidur. Bersihkan menggunakan air hangat dan lakukan ini secara rutin 1 hari minimal satu kali.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami yang paling mudah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dengan minum banyak air putih kurang lebih 1,5-2 liter sehari, diyakini akan membantu lancarnya peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membantu kulit mendorong sumbatan-sumbatan tempat munculnya jerawat, sehingga jerawat semakin lama akan semakin berkurang dan akhirnya hilang. Dengan melakukan cara ini maka kulit anda pun akan semakin bersih dan segar.

6. Menggunakan Bawang Putih

Anda hanya perlu mencuci bawang putih hingga bersih, kemudian belah bawang menjadi beberapa bagian, tumbuk halus. Selanjutnya oles jerawat batu anda memakai bawang putih perlahan, anda tidak perlu menggosoknya karena justru akan merusak kulit.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS