Pengidap Maag Boleh Konsumsi Yogurt, Asalkan...

Chaerunnisa | Firsta Nodia
Pengidap Maag Boleh Konsumsi Yogurt, Asalkan...
Ilustrasi konsumsi yogurt. (Shutterstock)

Penderita maag boleh mengonsumsi yogurt.

Suara.com - Rasa yogurt yang cenderung asam membuat para penderita maag khawatir efek yang ditimbulkan usai mengonsumsi produk olahan susu tersebut. Namun, pakar gizi Emilia Achmadi mengungkapkan, penderita maag boleh mengonsumsi yogurt.

Emilia memaparkan, konsumsi yogurt yang mengandung ragam bakteri baik di dalamnya dapat menyeimbangkan kadar flora jahat penyebab maag.

Hanya saja, dia menganjurkan konsumsi yogurt pada penderita maag dilakukan setelah konsumsi makanan padat.

"Saya menganjurkan konsumsi yogurt setelah makan makanan solid. Kalau perut kosong makan yogurt justru meningkatkan asam lambung," ujar Emilia dalam peluncuran Greenfields Yogurt di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Pada dasarnya, gangguan pencernaan terdiri dari dua macam. Pertama, gangguan pencernaan yang menyebabkan luka, kedua gangguan pencernaan yang disebabkan oleh maag.

Pada kasus gangguan pencernaan yang menyebabkan luka karena bakteri patogen, maka yogurt tidak akan bermanfaat untuk mengatasinya.

"Kalau gangguan pencernaan yang tidak selesai-selesai, sebaiknya diberi pengobatan antibiotik dulu karena kalau mengonsumsi yogurt justru tidak ada improvement. Tapi kalau gangguan pencernaannya karena maag itu pemicunya ketidakseimbangan flora, yogurt akan sangat bermanfaat," tandasnya.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat pagi, Selamat beraktivitas💪🏻
.
#quotesoftheday #suaradotcom #infojakarta #quotesindonesia #katakatabijak #newsflash #portaljakarta #selamatpagi

INFOGRAFIS