Sering Masturbasi Bikin Vagina Kendur?

Ririn Indriani
Sering Masturbasi Bikin Vagina Kendur?

Otot vagina elastis, jadi ...

Suara.com - Tanya:

Selamat malam Dokter,
Saya perempuan berumur 23 tahun. Saya jarang berhubungan intim, tapi kok, kata suami, vagina saya kendur seperti sudah punya anak? Apakah karena dulu saya sering masturbasi? Mohon penjelasan dan sarannya, Dok. Terima kasih.

KL
 
Jawab:

Selamat malam Saudari KL,
Vagina adalah saluran yang menghubungkan dengan rahim. Vagina terdiri dari mukosa (selaput lendir) serta otot-otot yang bersifat elastis. Oleh sebab itu vagina dapat menyempit dan melebar.

Sering beredar kabar perempuan yang sering berhubungan intim dapat menyebabkan vagina menjadi longgar. Hal tersebut hanyalah mitos, karena vagina dapat melebar saat berhubungan intim dan akan menyempit kembali setelah berhubungan intim.

Begitu pun setelah melahirkan melalui vagina. Vagina dapat menyempit kembali setelah beberapa bulan walaupun terkadang tidak sama seperti semula. Jadi, bila dulunya Anda sering masturbasi tak akan membuat vagina kendur.

Sama seperti halnya besar penis pada lelaki, besar vagina juga dapat berbeda-beda antara setiap perempuan. Namun ukuran vagina tidak berhubungan dengan kepuasan berhubungan intim.

Yang terpenting pada saat berhubungan intim adalah komunikasi serta kenyamanan baik pada lelaki maupun perempuan.  

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Yulliza Kurniawaty L.
Sumber: https://meetdoctor.com

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS