Air Mentah Jadi Tren Minuman Sehat di Silicon Valley

Dythia Novianty | Firsta Nodia
Air Mentah Jadi Tren Minuman Sehat di Silicon Valley
Live Water. [Instagram/Livespringwater]

Produk air mentah tanpa proses pemurnian yang diklaim bermanfaat bagi kesehatan.

Suara.com - Jika di Indonesia produk Kangen Water dikecam gara-gara klaim kesehatan yang berlebihan, maka di Amerika tren air mentah yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan ini belakangan populer.

Di Silicon Valey tepatnya, tengah beredar produk air mentah tanpa proses pemurnian yang diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Adalah Live Water, perusahaan dibalik tren air mentah yang harganya mencapai 36,99 dolar AS sampai dengan 60.99 dolar AS (sekitar Rp500-800 ribu) untuk 10 liter.

"Layanan pengiriman air kami sangat mahal karena harus menggunakan truk berpendingin, kotak penyimpanan berpendingin dan biaya untuk pembuatan bejana kaca. Itu sebabnya harga air kami cukup tinggi," ujar Mukhande Singh, pendiri Live Water.

Pihak Live Water mengklaim bahwa air mentah yang mereka produksi berasal dari sumber mata air pegunungan. Mereka juga mengatakan bahwa tahapan filterasi yang dilakukan produk air kemasan lain membuat kualitas air berkurang.

Singh menyatakan bahwa ketika air dilakukan proses pemurnian maka 99 persen partikel jahat dalam air akan mati, namun hal itu juga mengganggu kandungan mineral di dalam air.

Live Water. [Instagram/Livespringwater]

Ia juga mengklaim bahwa air mentah produksi Live Water mengandung probiotik atau bakteri baik alami, sehingga cocok bagi kaum hawa yang ingin menjaga kulitnya tetap awet muda. Hal ini menurutnya tidak dimiliki oleh air kemasan lain yang melalui proses filterisasi.

Sayangnya klaim ini dibantah oleh Tricia Van Laar, seorang ahli mikrobiologi di California State University, yang mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar ada bakteri yang terdaftar di situs Live Water yang digunakan sebagai probiotik.

"Jika Anda ingin menambah asupan prebiotik, Anda bisa mendapatkannya dari yogurt, bukan air mentah," tandas Laar. [Nypost]

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS