Waspada Giardiasis, Penyakit yang Mengincar Para Pelancong

Ririn Indriani | Risna Halidi
Waspada Giardiasis, Penyakit yang Mengincar Para Pelancong
Ilustrasi pelancong menikmati liburan di pantai. (Shutterstock)

Giardiasis diderita pelancong yang terkontaminasi air minum atau makanan tak higienis.

Suara.com - Giardiasis merupakan penyakit yang paling umum dialami oleh para pelancong atau wisatawan. Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi pada bagian usus yang disebabkan oleh parasit giardialamblia, penyebab utama diare.

Penyakit giardiasis sebenarnya bisa hilang setelah beberapa minggu dan tidak menyebabkan masalah serius, tapi kondisi ini kerap membuat pelancong merasa tak nyaman saat bepergian.

Sekarang para ilmuwan telah menemukan jawaban bagaimana parasit ini dapat menyebabkan rasa tak nyaman dan membuat orang menjadi sakit.

Kata ilmuwan, parasit giardia dapat meniru fungsi sel manusia dengan memecah sel di usus lalu masuk ke dalamnya. Hal ini memungkinkan bakteri yang sudah ada dalam tubuh untuk bergabung dan makan dari nutrisi yang sama.

"Karena giardia telah memecahkan hambatan sel dan membuat nutrisi terbuka, bakteri oportunistik lainnya bergerak untuk memanfaatkan makanan siap saji ini," kata salah satu penulis studi, Dr Kevin Tyler, dari sekolah kedokteran UEA Norwich berbicara kepada BBC.

Dr Tyler juga mengatakan alasan mengapa beberapa orang sangat mudah terkena giardiasis, dan beberapa lainnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Beberapa orang memiliki usus yang didominasi oleh bakteri baik yang dapat mencegah peradangan atau melindungi dari penyakit," katanya.

Penelitiannya tersebut dipublikasikan dalam jurnal GigaScience.

Perlu diketahui bahwa setiap tahun, ada 500.000 kasus giardiasis yang berhasil tercatat. Penyakit ini biasa diderita wisatawan yang terkontaminasi air minum atau makanan yang tidak higienis.

Gejala dari giardiasis meliputi diare berat, sakit perut, kembung, dan kelelahan.

Meski ada di seluruh dunia, kondisi ini lazim ditemukan di negara-negara berkembang dan merupakan salah satu penyakit lambung yang paling umum terjadi pada backpacker.

Inilah sebabnya mengapa minuman dan suplemen probiotik yang kaya akan bakteri baik, sangat membantu dalam mengobati giardiasis yang diderita pelancong atau wisatawan.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jika kamu memilih untuk mencinta, bertahanlah. Jangan kau biarkan cinta yang membuat kamu larut dalam perahu kertas yang mengalir itu. Karena, hanya hati mu yang tau..
.
.
-------
Follow @Suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
-------
.
.
#Suaradotcom #Infopenting #Infojakarta #beritahariini #Foto #Jakarta #Quotes #Quotesoftheday #perahukertas

INFOGRAFIS