Jangan Anggap Remeh! Periksa 8 Penyebab Sering Kesemutan

Ririn Indriani
Jangan Anggap Remeh! Periksa 8 Penyebab Sering Kesemutan
Ilustrasi kesemutan. (Shutterstock)

Kesemutan bisa jadi pertanda adanya penyakit serius.

Suara.com - Kesemutan dikenal juga dengan nama medis ‘parestesia’- merupakan istilah yang paling sering digunakan untuk mengacu pada kondisi di mana salah satu bagian tubuh (umumnya kaki atau tangan) terasa kebas dan nyeri bagaikan ditusuk jarum kecil.

Biasanya, kondisi ini muncul ketika tangan dan kaki terhimpit dalam waktu yang cukup lama sehingga pasokan darah ke saraf menjadi terhambat. Namun, apa jadinya jika kesemutan datang berkali-kali? Jangan enggap remeh, karena bisa jadi pertanda adanya penyakit serius di tubuh Anda!

Berikut delapan penyebab sering kesemutan yang harus Anda ketahui dilansir dari Go Dok:

1. Rematik
Penyebab sering kesemutan yang pertama adalah rematik. Rematik atau rheumatoid artrhitis merupakan sebuah kondisi di mana sendi di beberapa bagian tubuh mengalami peradangan.

 

Jika tidak segera ditangani, sendi perlahan akan mengalami perubahan dan memicu penjepitan syaraf. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasakan sensasi kebas dan nyeri khas kesemutan.

2. Saraf terjepit
Jarang yang mengetahui bahwa kesemutan juga bisa dipicu oleh terjepitnya saraf pada salah satu bagian tubuh. Kasus yang paling umum terjadi adalah terjepitnya saraf yang terletak di punggung akibat terjatuh atau olahraga terlalu keras. Inilah yang kemudian memicu kesemutan di area tubuh lain, semisal kaki.

3. Multiple Sclerosis
Sering kesemutan juga bisa menjadi gejala awal penyakit multiple sclerosis. Apa itu multiple sclerosis? Singkatnya, penyakit ini disebabkan oleh kesalahan kerja sistem imun yang malah menyerang selubung mielin.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat membuat penderitanya kehilangan kemampuan motorik di salah satu atau banyak bagian tubuh. Mengerikan!

4. CMV
Penyebab sering kesemutan yang lainnya adalah penyakit CMV. Ya, kondisi yang dipicu oleh peradangan sumsum tulang belakang akibat infeksi virus Cytomegalovirus ini seringkali menyebabkan penderitanya mengeluhkan kesemutan yang bermula dari ujung jari kaki dan menjalar hingga ke pusar.

Informasi selengkapnya di sini …

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS