Minum Banyak Air Putih Bikin Ginjal Sehat? Baca Ini!

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Minum Banyak Air Putih Bikin Ginjal Sehat? Baca Ini!
Ilustrasi minum air putih yang cukup sangat baik bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan ginjal. (Shutterstock)

Minum air putih sangat penting bagi tubuh, termasuk ginjal, tapi kalau berlebihan?

Suara.com - Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, banyak orang menganggap bahwa minum air putih dalam jumlah banyak merupakan salah bentuk upaya pencegahan. Namun ternyata terlalu berlebihan minum air putih juga tak baik bagi kesehatan.

Menurut Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia dr. Aida Lydia, PhD., Sp.PD-KGH, minum air putih secara berlebihan bisa mengurangi kadar elektrolit dalam tubuh. Kadar natrium dan kalium dalam tubuh bisa menurun sehingga meningkatkan risiko pembengkakan sel tubuh.

"Bila terlalu banyak minum air, natrium dalam tubuh menjadi encer. Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam. Akibatnya kadar cairan dalam tubuh akan meningkat, dan sel-sel dapat mengalami pembengkakan," ujarnya dalam temu media di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Ginjal, tambah dia, memiliki fungsi dalam menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang diterima ginjal semakin besar. Jika kondisi ini terjadi terlalu sering maka glomerulus akan rusak dan dapat memicu gangguan pada ginjal.

"Minum banyak ginjal sehat, lalu dipersepsikan harus minum banyak berliter-liter air. Minum air putih mesti cukup, bukan sebanyak-banyaknya, tapi juga tidak boleh kurang," terangnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS