Bunda, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Bunda, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bayi
Kesehatan kulit bayi jangan dianggap enteng ya Bunda, harus jadi perhatian khusus. [Shutterstock]

Banyaknya aktivitas kadang membuat ibu terlupa menjaga kesehatan kulit bayi. Padahal menurut dokter, menjaga kesehatan kulit bayi termasuk penting.

Suara.com - Kesehatan kulit bayi kadang belum menjadi prioritas ibu, karena terjadinya berbagai perubahan yang mereka alami seiring dengan kehadiran buah hati.

Padahal, dokter spesialis kulit dr. Nanny Shoraya, Sp.KK, FINS-DV menjelaskan, kulit bayi memiliki struktur, komposisi dan fungsi yang berbeda dengan orang dewasa, sehingga perlu menjadi perhatian khusus.

"Kulit bayi yang baru lahir akan lebih rentan mengalami kerusakan dari luar karena 30 persen lebih tipis dibandingkan kulit dewasa. Akibatnya, fungsi pelindung menjadi kurang optimal," ujar dia dalam peluncuran produk perawatan kulit bayi, Young Living Seedling di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Hal inilah yang menyebabkan kulit bayi lebih rentan terhadap berbagai bahan kimia atau zat topikal. Dua hal tersebut mudah masuk dan penguapan air akan terjadi lebih cepat, sehingga kulit bayi mudah kering atau sensitif.

Karena itulah dr. Nanny menekankan pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi dengan memilih produk atau melakukan perawatan kulit bayi yang tepat. Salah satunya dengan memilih produk yang hipoalergenik dan tidak mengandung bahan iritatif, seperti pewangi atau pewarna.

"Sebaiknya rutin menggunakan pelembab dua kali sehari setelah mandi, karena setelah mandi adalah menit terbaik menggunakan pelembab menyerap kulit," tambahnya.

Tak hanya itu, sebaiknya ibu juga rajin mengganti popok, karena bagian tersebut haruslah selalu kering dan terjaga bersih. Sebaiknya, gantilah popok 3-4 jam sekali. Bersihkan dengan cotton ball di area sensitif bayi atau pilihlah sabun dengan kandungan yang ringan untuk membersihkan bagian tersebut.

"Kulit yang sehat, akan membuat bayi nyaman sehingga bisa beristirahat dengan tenang. Ibu pun akan menjadi lebih rileks, apalagi seorang ibu yang baru melahirkan biasanya juga masih dalam proses adaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi," tutup dia.

Itu dia tips untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang bisa Bunda coba di rumah ya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS