Studi: Konsumsi Gandum Bisa Cegah Diabetes

M. Reza Sulaiman, Firsta Nodia

Sabtu, 08 September 2018 | 17:30 WIB
Studi: Konsumsi Gandum Bisa Cegah Diabetes
Ingin cegah diabetes, jangan ragu untuk konsumsi gandum mulai dari sekarang. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi terkini menyoroti manfaat mengonsumsi gandum yang disebut bisa mencegah diabetes tipe 2.

Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mulai menyerang dewasa muda. Gaya hidup menjadi salah satu alasan mengapa penyakit ini kian banyak diidap masyarakat.

Untuk apakah gandum benar bisa mencegah diabetes, para peneliti di Universitas Teknologi Chalmers di Swedia bekerjasama dengan Pusat Penelitian Masyarakat Kanker Denmark menganalisis data lebih dari 55 ribu lelaki dan perempuan berusia 50 hingga 65 tahun.

Hasilnya, responden yang mengonsumsi setidaknya 50 gram gandum setiap hari lebih rendah risikonya mengidap diabetes tipe 2 selama periode 15 tahun. Jika dikelompokkan menurut gender, lelaki yang rutin mengonsumsi gandum berisiko 34 persen lebih kecil mengidap diabetes dan pada perempuan risikonya hanya tinggal 22 persen.

Menariknya, semua jenis gandum memiliki manfaat yang sama dalam mencega diabetes. Pedoman diet dari Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan konsumsi gandum 3-4 porsi sehari bagi orang dewasa.

Dalam sebuah pernyataan, peneliti senior Rikard Landberg mengatakan bahwa belum pernah ada satu penelitian yang menunjukkan efek kesehatan negatif mengonsumsi biji-bijian termasuk gandum.

Nah, sudah tahu kan manfaat gandum untuk mencegah diabetes? Tunggu apa lagi, sering-sering makan gandum untuk cegah diabetes mulai saat ini ya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Manfaat Menakjubkan Minum Susu di Pagi Hari bagi Orang Dewasa

Manfaat Menakjubkan Minum Susu di Pagi Hari bagi Orang Dewasa

Health | Selasa, 21 Agustus 2018 | 10:57 WIB

Benarkah Sakit Fisik Makin Bertambah Gara-gara Sakit Hati?

Benarkah Sakit Fisik Makin Bertambah Gara-gara Sakit Hati?

Health | Kamis, 26 Juli 2018 | 19:15 WIB

Tips Bercinta yang Aman dan Nyaman untuk Penderita Diabetes

Tips Bercinta yang Aman dan Nyaman untuk Penderita Diabetes

Lifestyle | Selasa, 24 Juli 2018 | 21:08 WIB

Sering Lembur, Perempuan Berisiko Idap Diabetes

Sering Lembur, Perempuan Berisiko Idap Diabetes

Health | Senin, 09 Juli 2018 | 09:17 WIB

Duh, Menghirup Polusi Bisa Picu Diabetes

Duh, Menghirup Polusi Bisa Picu Diabetes

Health | Selasa, 03 Juli 2018 | 17:30 WIB

Terkini

Kebakaran Bromo Meluas hingga 520 Hektare, Destinasi Wisata Probolinggo Disebut Masih Aman

Kebakaran Bromo Meluas hingga 520 Hektare, Destinasi Wisata Probolinggo Disebut Masih Aman

News | Minggu, 09 Agustus 2026 | 22:06 WIB

Pernah Jadi Anak Buah Nadiem, Pakar Minta Kejagung Ganti Jaksa Chatarina di Kasus Eks Jampidsus

Pernah Jadi Anak Buah Nadiem, Pakar Minta Kejagung Ganti Jaksa Chatarina di Kasus Eks Jampidsus

News | Minggu, 09 Agustus 2026 | 21:43 WIB

Puluhan Kios di Bawah Jembatan Babat Terbakar, Polisi Selidiki Dugaan Pembakaran Sampah

Puluhan Kios di Bawah Jembatan Babat Terbakar, Polisi Selidiki Dugaan Pembakaran Sampah

News | Minggu, 09 Agustus 2026 | 21:39 WIB

30 Ribu Kopdes Merah Putih Dikebut Sebelum 17 Agustus, Siapa yang Akan Mengelola?

30 Ribu Kopdes Merah Putih Dikebut Sebelum 17 Agustus, Siapa yang Akan Mengelola?

News | Minggu, 09 Agustus 2026 | 21:11 WIB

Bangga! Prestasi Apik Ditorehkan Kevin Diks di Awal Musim Bundesliga 2026/2027

Bangga! Prestasi Apik Ditorehkan Kevin Diks di Awal Musim Bundesliga 2026/2027

Bola | Minggu, 09 Agustus 2026 | 21:05 WIB

Prabowo Puji Sepatu Inovasi BRIN Berbahan Limbah Sawit, Harganya Cuma 60 Ribuan!

Prabowo Puji Sepatu Inovasi BRIN Berbahan Limbah Sawit, Harganya Cuma 60 Ribuan!

Video | Minggu, 09 Agustus 2026 | 21:05 WIB

Gudang Sekolah di Penjaringan Terbakar, 70 Petugas Dikerahkan

Gudang Sekolah di Penjaringan Terbakar, 70 Petugas Dikerahkan

News | Minggu, 09 Agustus 2026 | 20:52 WIB

Review Almarhum: Sinematografi Thriller Misteri Bernyawa Kearifan Lokal

Review Almarhum: Sinematografi Thriller Misteri Bernyawa Kearifan Lokal

Your Say | Minggu, 09 Agustus 2026 | 20:45 WIB

Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo

Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo

Your Say | Minggu, 09 Agustus 2026 | 20:10 WIB

IHH Healthcare Malaysia Terus Perluas Kehadiran di Indonesia

IHH Healthcare Malaysia Terus Perluas Kehadiran di Indonesia

Sumut | Minggu, 09 Agustus 2026 | 20:06 WIB

×