Kata Dokter Soal Pentingnya Keseimbangan Asam Basa Tubuh

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Kata Dokter Soal Pentingnya Keseimbangan Asam Basa Tubuh
Jaga keseimbangan asam basa tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat. [shutterstock]

Apa sih pentingnya menjaga keseimbangan asam basa tubuh? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Suara.com - Menjaga asam basa tubuh penting bagi kesehatan, setidaknya, begitulah menurut pakar penuaan dr. Haekal Yassier Anshari. Haekal menyebut masyarakat cenderung fokus mencari makanan sehat, tapi luput terhadap pentingnya jenis air yang dikonsumsi oleh tubuh.

Padahal kata Haekal, memilih air minum yang baik sangat penting untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh.

"Tubuh manusia diciptakan cenderung basa alkali. Tapi akan menjadi tidak seimbang karena kelebihan asam akibat pola hidup zaman now," ucap Haekal dalam acara Pristine Floating Yoga di kawasan Jakarta Barat, Minggu, (16/9/2018).

Tingkat asam basa tubuh sendiri dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar tubuh.

Faktor dari dalam misalnya, terjadi secara alami lewat proses metabolisme tubuh. Sementara faktor dari luar bisa terjadi karena paparan polusi dan konsumsi makanan-makanan tak sehat.

"Pola hidup jaman sekarang bisa mengganggu keseimbangan asam basa tadi sehingga jumlah radikal bebas pada tubuh lebih banyak," tambahnya lagi.

Akibatnya, kata Haekal, sel tubuh akan terganggu dan mudah mengalami stres. Stres dapat menyebabkan beragam komplikasi, mulai dari sistem kekebalan tubuh yang menurun, sel tubuh berumur pendek hingga terjadi penuaan dini serta mudah terkena penyakit degerenatif.

"Dan yang paling parah, sel mudah mengalami mutasi sehingga terjadilah kanker," ujarnya.

Haekal juga menjelaskan mengenai tanda-tanda asam basa tubuh tidak seimbang. Di antaranya adalah mudah lelah, gampang nyeri otot, obesitas, peredaran darah yang tidak lancar hingga tulang mudah kropos karena kekurangan cadangan kalsium.

Karena itu, Haekal menyarankan gaya hidup yang selalu mengedepankan upaya dan tindakan berbasis kesehatan seperti pola makan sehat, olahraga teratur, tidur cukup dan tidak merokok serta minum minuman beralkohol.

Itulah penjelasan dokter soal pentingnya menjaga keseimbangan asam basa tubuh agar terhindar dari masalah kesehatan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS