Ternyata Bayi Baru Lahir Pun Bisa Kena Kanker

Vania Rossa | Firsta Nodia
Ternyata Bayi Baru Lahir Pun Bisa Kena Kanker
Ilustrasi perawatan bayi dengan menggendongnya seperti metode Kanguru. (Shutterstock)

Meski belum terpapar zat karsinogenik, bayi baru lahir bisa terkena kanker.

Suara.com - Kanker selama ini dikaitkan dengan perilaku hidup yang tak sehat, kerap terjadi pada orang dewasa. Namun faktanya bayi baru lahir yang belum mengonsumsi apapun, ternyata juga bisa terkena kanker.

Hal ini disampaikan dr. Marurul Aisyi, SpA(K), dari RS Kanker Dharmais. Ia mengatakan, jenis kanker yang bisa diidap oleh bayi baru lahir adalah leukimia kongenital. Kondisi ini biasanya cukup langka, hanya 1-5 kasus dari satu juta kelahiran. Penyebabnya pun belum diketahui.

"Biasanya karena genetik. Tapi genetik bukan berarti turunan. Hanya 10 persen kanker pada anak yang merupakan keturunan. Faktor lingkungan dan genetik nggak terlalu dominan kalau pada anak, jadi baru lahir sudah bisa kena padahal anak belum terpapar makanan apapun yang karsinogenik," ujar dr. Aisyi dalam peringatan Hari Kanker Anak di Kemenkes, Selasa (16/10/2018).

Namun, jika lebih cepat diketahui, maka peluang kesembuhan kanker pada anak dan bayi bisa lebih tinggi. Bahkan dr. Aisyi menyebut pengobatan kanker pada bayi dan anak jauh lebih baik hasilnya dibandingkan pada orang dewasa.

"Respon terapi kanker pada anak lebih bagus dibandingkan orang dewasa, karena kekacauan selnya belum separah orang dewasa," tandas dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS