3 Bulan, Waktu yang Dibutuhkan Ibu Baru untuk Mengenal Bayinya

Vania Rossa
3 Bulan, Waktu yang Dibutuhkan Ibu Baru untuk Mengenal Bayinya
menggendong bayi (canyonviewpediatrics)

Bahkan ibu yang berpengalaman sekalipun butuh waktu untuk mengenal bayinya.

Suara.com - Ibarat bertemu orang baru, Anda pasti butuh waktu untuk mengenalnya dengan baik, mengetahui kesukaan dan ketidaksukaannya, kebiasaannya, dan sifat-sifat lainnya. Begitu juga dengan bayi yang baru lahir, butuh waktu untuk mengenal segala kebiasaannya.

Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap 2.000 ibu Amerika yang memiliki anak berusia di bawah tiga tahun, menunjukkan hasil bahwa sebagian besar ibu membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan hingga mereka benar-benar merasa percaya diri mengurus bayinya. Studi yang dilakukan oleh OnePoll bekerjasama dengan salah satu merek susu formula ini menunjukkan bahwa lebih dari separuh ibu kerap merasa panik di beberapa bulan pertama kehidupan bayi mereka.

Kebanyakan para ibu ini khawatir dengan kondisi kesehatan bayi mereka, berapa banyak susu yang harus mereka berikan pada bayinya, serta biaya mengasuh anak.

Lebih dari seperlima ibu di survei tersebut mengatakan bahwa mereka khawatir ASI atau susu yang mereka berikan kurang, dan mereka tidak tahu berapa banyak sesungguhnya yang dibutuhkan oleh bayi.

Menurut Dr. Jennifer Gardner, dokter anak dan penulis The Mommy MD Guide to Your’s Baby's First Year, setiap ibu memang seharusnya mengetahui seberapa banyak susu yang dibutuhkan bayinya, karena hal ini akan sangat memengaruhi perkembangan bayi.

Karena ketakutan bayinya kekurangan asupan ASI, banyak ibu yang memutuskan untuk menambahkan susu formula. Padahal, ibu seharusnya merasa percaya diri bahwa produksi ASI-nya pasti cukup untuk si bayi.

Lebih lanjut menurut Gardner, banyak pula ibu yang menambahkan terlalu banyak air ke dalam larutan susu formula. "Banyak ibu baru berpikir untuk memperbanyak air dalam susu formula demi menghemat uang atau membuatnya lebih mudah dicerna oleh bayi," katanya.

"Padahal, ini adalah kesalahpahaman yang serius. Mengencerkan nutrisi penting dalam susu formula, bisa berbahaya bagi pertumbuhan bayi," lanjut Gardner.

Untuk itu, ia pun menyarankan agar setiap orangtua, terutama ibu, harus selalu membaca instruksi pada label susu formula sebelum menyeduhnya untuk bayi.

Intinya, hilangkan ketakutan dan kekhawatiran saat mengasuh bayi Anda, dan carilah informasi sebanyak-banyaknya agar Anda merasa percaya diri mengasuh bayi yang baru lahir.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS