Disangka Tumor, Dokter Ini Malah Angkat Ginjal Sehat Sang Pasien

Ade Indra Kusuma
Disangka Tumor, Dokter Ini Malah Angkat Ginjal Sehat Sang Pasien
Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

Bagaimana ceritanya, kok bisa ginjal sehat disangka tumor?

Suara.com - Seorang dokter di Florida, AS, salah dalam operasi dan mendiagnosa penyakit, di mana ia mengangkat ginjal sehat milik perempuan bernama Maureen Pacheco (53) saat operasi yang disangka tumor.

Tindakan operasi tersebut dilakukan untuk menyembuhkan nyeri punggung yang diderita pasien. Sang dokter awalnya mengira ginjal tersebut adalah tumor yang harus segera diangkat. Salah diagnosa ini tentu saja sangat fatal dan berujung pada tuntutan hukum.

Melansir Dailymail 1 November 2018, Maureen Pacheco, menderita sakit punggung bawah selama bertahun-tahun setelah kecelakaan mobil. Dokter melihat adanya sebuah gundukan di area (pinggul) pelvisnya dan langsung memutuskan untuk mengambil gundukan yang disangkanya adalah tumor.

Ternyata Maureen memiliki cacat lahir langka di mana ginjalnya berada di area pelvis. Kejadian ini terjadi pada April 2016, dia pergi untuk membahas pilihan operasi di Wellington Regional Medical Center di Wellington, Florida, dengan Dr Ramon Vazquez, ahli bedah yang sangat berpengalaman selama puluhan tahun di rumah sakit tersebut.

Dr Vazquez dan seorang ahli bedah ortopedi melakukan tindakan operasi, padahal sebelum operasi Dr Vazquez sempat diminta meninjau ulang oleh rekannya sebelum melanjutkan operasi, menurut Palm Beach Post.

Terungkap bahwa Dr Vazquez tidak melihat dua scan MRI yang diambil sebelum operasi yang menunjukkan Pacheco memiliki ginjal di panggul, hasil dari cacat lahir yang tidak berbahaya.

Kesalahan operasi itu memicu Pacheco melakukan tuntutan hukum. Selama dua tahun terakhir, Maureen berjuang untuk menuntut dokter yang menanganinya serta pihak rumah sakit.

Tuntutan ini mengharuskan ganti rugi kepada Pacheco hingga 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7 miliar. Meski begitu Pacheco sekarang menghadapi hidup hanya dengan satu ginjal dan sangat berisiko terkena penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS