Apa Sih Hebatnya Berobat ke Luar Negeri? Yuk Intip 5 Tips Ini

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Apa Sih Hebatnya Berobat ke Luar Negeri? Yuk Intip 5 Tips Ini
Ilustrasi berobat ke luar negeri [shutterstock]

Bagi Anda yang mempertimbangkan untuk berobat ke luar negeri, coba baca ini.

Suara.com - Berobat ke luar negeri masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Mereka adalah orang-orang yang dengan sengaja melintasi benua dan negara lain untuk tujuan berobat atau memperoleh layanan medis. 

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk berobat atau melakukan perawatan medis ke luar negeri, alangkah baiknya mengetahui apa saja kelebihan berobat ke luar negeri. Berdasarkan informasi yang dirilis Medical Travel News go.care, berikut 5 kelebihan berobat ke luar negeri.

Biaya pengobatan cenderung lebih murah

Biaya menjadi pertimbangan utama yang membuat banyak orang memilih berobat ke luar negeri. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa berobat ke luar negeri akan menghabiskan biaya yang cukup besar. Padahal, jika dihitung secara rinci total biaya pengobatan yang dikeluarkan bisa lebih murah. Bahkan, pasien bisa menghemat biaya sekitar 30-80 persen.

Hal tersebut yang membuat banyak orang berobat ke luar negeri, karena biaya perjalanan, biaya pengobatan, serta akomodasi di negara tujuan yang cenderung lebih murah dibandingkan di negara asal mereka. Namun, tentu saja ini tergantung pada negara yang dituju, jenis perawatan medis yang dilakukan, dan pasien menggunakan asuransi kesehatan atau tidak.

Pelayanan kesehatan dilakukan segera

Di Amerika Serikat, Inggris, atau negara-negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia, pasien terkadang kerap dibuat menunggu berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan tindakan pengobatan atau perawatan medis yang diinginkan.

Inilah yang membuat mereka memilih untuk mencari pilihan kedua dengan berobat ke luar negeri karena merasa terlalu lama menunggu dan tidak nyaman dengan pelayanan kesehatan di dalam negeri sendiri. Sementara, di luar negeri, terutama di negara tujuan berobat, para pasien justru diutamakan untuk mendapatkan tindakan pengobatan dengan segera.

Dokter dan staf medis berpengalaman

Rumah sakit di luar negeri, terutama yang sudah memiliki akreditasi internasional, umumnya memiliki banyak dokter ahli hingga tenaga medis yang menawarkan layanan perawatan kesehatan untuk pasien dari negara lain. Bahkan, tak sedikit pula para dokter ahli dan tenaga medis yang sudah mengantongi sertifikat keahlian internasional dengan segudang pengalaman. Hal ini yang membuat jaminan pelayanan dan perawatan medis lebih intensif pun bisa didapatkan oleh para pasien internasional.

Fasilitas dan teknologi medis yang canggih

Selain memiliki dokter dan tenaga medis yang tersertifikasi dan berpengalaman, sejumlah rumah sakit di luar negeri mempunyai fasilitas dan teknologi medis yang canggih. Faktor kecanggihan teknologi kesehatan di luar negeri ini yang menjadi keuntungan para pasien asing berobat ke luar negeri.

Dengan fasilitas tersebut, proses rawat inap dan tindakan pengobatan pun tentu akan menjadi lebih optimal. Tak ayal pasien asing memilih untuk berobat ke luar negeri dibandingkan di negeri sendiri, dengan harapan bisa segera sembuh total dari penyakit yang diderita.

Manfaatkan waktu sambil jalan-jalan

Meski sedang melakukan perawatan medis, tetapi keuntungan lain yang didapat adalah pasien bisa memanfaatkan waktu sambil jalan-jalan. Tak jarang beberapa pasien dengan perawatan medis tertentu, seperti perawatan gigi atau kecantikan, justru menantikan waktu tindakan perawatan medis sambil jalan-jalan menikmati negara yang dituju.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS