Angka Kematian Akibat Kanker Kulit Meningkat pada Lelaki

Vania Rossa
Angka Kematian Akibat Kanker Kulit Meningkat pada Lelaki
Kanker kulit pada lelaki.

Kanker kulit ternyata lebih banyak menyerang kaum lelaki dibanding perempuan.

Suara.com - Hasil penelitian terbaru di Inggris mengungkap bahwa kanker kulit lebih banyak menyerang lelaki dibanding perempuan. Dan angka kematian akibat kanker kulit di kalangan lelaki saat ini meningkat di sejumlah negara.

Meski belum diketahui alasan pasti terkait angka kematian tersebut, diduga bahwa lelaki cenderung kurang melindungi diri dari sinar matahari dibandingkan perempuan yang rutin mengoleskan sunscreen.

Lebih dari 90 persen kasus kanker kulit atau melanoma disebabkan oleh kerusakan sel kulit yang dipicu oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau sumber radiasi ultraviolet lainnya, seperti tanning bed alias alat yang menjadikan kulit menjadi kecokelatan.

Hasil temuan yang dipresentasikan pada Konferensi Riset Kanker Nasional 2018 di Inggris ini menunjukkan bahwa delapan dari 18 negara yang diteliti, tingkat kematian lelaki akibat kanker kulit meningkat 50 persen selama tiga dekade terakhir. Peningkatan sebanyak dua kali lipat terjadi di Irlandia dan Kroasia, kemudian lonjakan tajam lain sebanyak 70 persen ada di Spanyol dan Inggris, Belanda 60 persen, serta Prancis dan Belgia sebanyak 50 persen.

Sebaliknya, angka kematian perempuan akibat kanker kulit menurun selama periode yang sama, beberapa di antaranya adalah Austria (9 persen), Republik Ceko (16 persen), dan Israel (23 persen).

Dari sederet negara tersebut, Jepang memiliki angka kematian akibat melanoma yang paling rendah.

"Kami tengah menyelidiki apakah faktor biologis atau genetik juga memainkan peran dalam terjangkitnya kanker kulit, yang sejauh ini belum dapat disimpulkan," kata pemimpin studi, Dorothy Yang, seperti dikutip dari laman CNN.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS