Catat, Ini 3 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda

M. Reza Sulaiman
Catat, Ini 3 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda
Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Shutterstock)

Kunyit merupakan rempah-rempah dengan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Suara.com - Kunyit merupakan rempah-rempah dengan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh . Kerap digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga lazim dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat herbal.

Bahkan akhir-akhir ini, kunyit telah disebut-sebut sebagai makanan super yang dapat membantu melawan kanker, mengurangi depresi, dan banyak lagi. Berikut ulasan lengkap mengenai manfaat kunyit.

1. Mengatasi depresi

Senyawa yang paling terkenal dari kunyit adalah kurkumin . Para ilmuwan sangat tertarik dengan potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi depresi sangat beragam.

2. Mencegah infeksi virus

Kurkumin juga mungkin membantu tubuh untuk melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. Namun, perlu diketahui bahwa kunyit hanya memiliki sekitar tiga persen kurkumin.

3. Mengatasi diabetes tipe 2

Kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal itu secara otomatis bisa menjadi alat yang berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 240 orang dewasa dengan pradiabetes, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin lebih dari sembilan bulan menurunkan kemungkinan mereka terkena diabetes.

Ingin tahu lebih banyak soal manfaat kunyit, simak di HiMedik ya!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS