Keracunan Alkohol, Lelaki Ini Justru Selamat Usai Konsumsi 5 Liter Bir!

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Keracunan Alkohol, Lelaki Ini Justru Selamat Usai Konsumsi 5 Liter Bir!
Ilustrasi bir ternyata dapat menyelamatkan lelaki yang keracunan alkohol. (shutterstock)

Di Vietnam, seorang lelaki justru diberi 5 liter bir untuk menyelamatkan nyawanya karena keracunan alkohol, kok bisa?

Suara.com - Keracunan alkohol , lelaki ini justru selamat setelah dokter memberinya 5 liter bir !

Keracunan alkohol biasanya disebabkan oleh kebanyakan minuman beralkohol, termasuk bir, wiski, wine, dan sejenisnya. Namun di Vietnam, seorang lelaki justru diminta mengonsumsi 5 liter bir untuk menyelamatkan nyawanya, karena keracunan alkohol.

Dilansir Boldsky, lelaki bernama Nguyen Van Nhat diminta mengonsumsi 15 kaleng bir atau setara dengan lima liter bir ke perutnya untuk mencegahnya meninggal akibat keracunan alkohol.

Menurut petugas medis di Rumah Sakit Umum di Provinsi Quang Tri, Vietnam Tengah, lelaki tersebut memiliki tingkat metanol darah 1.119 kali lebih tinggi daripada rata-rata ketika ia dilarikan ke rumah sakit.

Menurut para dokter, alkohol mengandung etanol dan metanol. Ketika dikonsumsi oleh manusia, hati memecah etanol terlebih dahulu.

Karena tingkat metanol pasien terus meningkat, petugas medis harus memberinya lebih banyak bir untuk memperlambat proses pemecahan metanol di hati.

Rupanya, lelaki itu menjadi tidak sadar ketika metanol dalam tubuhnya teroksidasi menjadi formaldehida, dan sebagai hasilnya, itu berubah menjadi asam format.

Demi menyelamatkan hidupnya, dokter lantas menyarankan Nhat minum sekaleng bir setiap satu jam sekali. Hingga pada akhirnya, ia sembuh setelah minum bir yang ke-15. Cara tersebut dilakukan untuk menetralkan kembali metanol di dalam tubuhnya. Dengan perawatan aneh ini, dia pun keluar dari rumah sakit 3 minggu kemudian!

Hii, seram ya. Hati-hati, jangan keseringan minuman beralkohol agar tidak keracunan alkohol ya.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS