Sering Konsumsi Minuman Energi, Awas Gigi Bisa Rusak Parah Seperti Ini!

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Sering Konsumsi Minuman Energi, Awas Gigi Bisa Rusak Parah Seperti Ini!
Ilustrasi gigi rusak. (Shutterstock)

Peneliti mengungkapkan mengapa minuman energi bisa memicu kerusakan gigi.

Suara.com - Sering Konsumsi Minuman Energi, Awas Gigi Bisa Rusak Parah Seperti Ini!

Konsumsi minuman energi tampaknya menjadi tren di kalangan anak muda.

Aktivitas yang padat membuat mereka membutuhkan asupan yang dapat membuat mata melek dan kembali segar.

Hal ini pula yang dialami Vinnie Pyner, mahasiswa di Inggris yang merasakan efek negatif dari konsumsi minuman berenergi.

Pyner mengaku pernah rutin mengonsumsi minuman berenergi hingga enam kaleng per hari. Ia meminumnya untuk menghilangkan stres akibat tekanan tugas kuliah di jurusan IT.

Ia tak pernah menyangka jika kebiasaan ini membuat giginya membusuk dan buruk rupa.

"Saya memiliki ambisi untuk menjadi desainer game, tetapi sekarang harapan saya telah pupus, karena kehilangan rasa percaya diri," ujar Pyner.

Ilustrasi minuman energi. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman energi. (Shutterstock)

Ketika rutin mengonsumsi minuman energi, Pyner mengaku rutin menyikat gigi dua kali sehari. Tapi rasa sakit giginya terus bertambah. Suatu hari empat gigi Pyner patah saat mengunyah apel.

"Saya tidak terlalu khawatir sebelumnya sampai saya mengunyah sesuatu yang keras dan menyadari bahwa empat gigi saya yang atas telah patah," ujarnya terkejut.

Pyner berusaha menyembunyikan kerusakan giginya ini dari sang ibu, Tara. Hingga akhirnya Pyner memberanikan diri datang ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi.

"Dokter gigi sangat terkejut melihat gigi saya dan dia mengatakan bahwa itu adalah salah satu kasus kerusakan gigi dan kerusakan terburuk yang pernah dia lihat," ujarnya dikutip dari Fox News.

Dokter dan para ahli kesehatan telah lama memperingatkan tentang bahaya minuman energi terkait konsumsi kafein, kesehatan jantung, dan bahkan tumbuh kembang seseorang. Selain itu minuman energi juga mengandung asam dalam jumlah tinggi yang bisa merusak gigi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Academy of General Dentistry, kerusakan pada enamel gigi menyebabkan gigi menjadi terlalu sensitif dan rentan terhadap gigi berlubang hingga cenderung membusuk.

Kerusakan Pyner membutuhkan 24 tambalan dan gigi palsu untuk memperbaiki gigi depannya. Jadi, mulai sekarang batasi ya konsumsi minuman energi agar Anda terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS