Begini Respon Tubuh Saat Seseorang Patah Hati

Galih Priatmojo | Yuliana Sere
Begini Respon Tubuh Saat Seseorang Patah Hati

Ternyata begini ya kalo sedang patah hati.

Suara.com - Patah hati adalah momentum yang paling sering dialami manusia. Tapi bagaimana sih tubuh merespon ketika kita tengah mengalami patah hati karena cinta

Jatuh cinta punya konsekuensi untuk patah hati. Tapi tak semua orang siap dengan konsekuensi itu. Butuh waktu, tenaga, dan perasaan untuk melenyapkan kenangan dengan sosok terkasih. 

Ketika hubungan itu berakhir, ada banyak emosi yang mungkin dialami seseorang yang patah hati. Selama putus cinta, sesuatu terjadi di tubuh dan otak.

Melansir dari medical daily, ini yang terjadi pada tubuh ketika patah hati.

1. Ada perasaan sakit fisik

Studi menemukan bahwa ada area di otak manusia yang aktif ketika patah hati. Tubuh seolah menipu seseorang untuk merasakan bahwa hati mereka seolah-olah hancur karena patah hati. Namun hal ini tidak benar-benar terjadi.

2. Kepala dan hati mengirim pesan yang berbeda

Pusing (unsplash)
Putus cinta sering membuat emosi seseorang tak terkontrol (unsplash)

Kepala dan hati tampaknya memiliki pendapat yang berbeda ketika berurusan dengan putus cinta. Kepala memberitahu seseorang bahwa mungkin semua kerja keras akan sia-sia pada akhirnya.

Otak akan mempertimbangkan alasan bahwa perpisahan itu adalah sebuah pengalaman positif atau negatif. Itulah kenapa biasanya hal ini akan menghasilkan emosi campuran.

3. Tingkat stres meningkat

Ilustrasi stres (pixabay)
Ilustrasi stres (pixabay)

Perpisahan dari sebuah hubungan menyebabkan peningkatan kortisol. Ini juga dikenal sebagai hormon stres. Ini bisa memberikan dampak yang mengerikan dan bisa memengaruhi metabolisme, tekanan darah, dan mental negatif.

4. Emosi menjadi tidak terkendali

Emosional. (shutterstock.com)
Ilustrasi seseorang yang sedang emosi. (shutterstock)

Kemarahan dan kesedihan adalah emosi utama setelah dan selama perpisahan. Kemarahan mendorong orang-orang yang patah hati untuk bergerak maju dan memeriksa situasi.

Sementara itu, kesedihan membantu orang untuk mengetahui apa sebenarnya arti dari perpisahan. Emosi ini juga membantu orang yang patah hati menemukan sesuatu yang berharga tentang dirinya sendiri. (himedik.com)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS