Tiga Jus Buah Ini Bisa Atasi Sembelit, Coba Yuk!

Vika Widiastuti
Tiga Jus Buah Ini Bisa Atasi Sembelit, Coba Yuk!
Ilustrasi jus (Shutterstock)

Salah satunya adalah jus apel karena mengandung serat dan sorbitol yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

Suara.com - Sebagai makanan yang kaya nutrisi, buah dan sayur memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satunya, yaitu untuk mengatasi sembelit

Buah dan sayuran merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi, air, dan serat. Berkat kandungannya tersebut, buah dan sayuran dapat membantu mengatasi sembelit.

Sembelit terjadi ketika seseorang mengalami susah buang air besar, setidaknya kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Kotoran yang tertinggal di saluran pencernaan akan mengeras seiring waktu, sehingga sulit dan terkadang menyakitkan untuk keluar.

Baca Juga: Kamu Mudah Merasa Lelah? Cek Mungkin Ini Penyebabnya

Maka dari itu, perlu perubahan pola makan dan gaya hidup untuk menghilangkan gejala. Salah satunya dengan mengonsumsi buah, sayuran, atau jus dari keduanya.

Jus yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran mengandung serat makanan dan sorbitol, yang keduanya membantu mengatur pergerakan usus.

Jus juga mengandung banyak air, yang dapat membantu melunakkan feses yang keras serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dirangkum HiMedik dari Medical News Today, berikut tiga jus buah yang mengandung serat, sorbitol, dan air, yang dapat membantu meringankan sembelit.

1. Jus plum

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Gigi Jadi Lebih Sensitif saat Hamil

Buah plum. (pixabay/_Alicja_)
Buah plum. (pixabay/_Alicja_)

Plum atau prem kering terkenal karena efek pencahar pada tubuh. Sebuah studi peninjauan tahun 2014 melaporkan bahwa makan 100 gram plum per hari meningkatkan seberapa sering orang memproduksi feses, serta konsistensi feses, dibandingkan dengan psyllium, pencahar yang mengandung serat larut dalam OTC.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS