3 Makanan Ini Diyakini Bisa Buat Kulit Cantik dan Sehat, Coba Yuk!

Vika Widiastuti
3 Makanan Ini Diyakini Bisa Buat Kulit Cantik dan Sehat, Coba Yuk!
Ilustrasi makanan yang baik untuk kulit ( Shutterstock )

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit.

Suara.com - Memiliki kulit cantik dan sehat pasti menjadi impian setiap orang. Namun, selain menjalani perawatan, konsumsi makanan juga tak kalah penting. 

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, nutrisi juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu penting untuk memperhatikan asupan makanan jika ingin memiliki kulit yang cantik.

Dirangkum HiMedik dari Healthline, berikut tiga makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit.

Terbukti dari sebuah studi yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, dikaitkan dengan kulit elastis yang lebih kencang.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar UV pada kulit dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Tak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Menariknya, vitamin E terlihat lebih efektif jika dikombinasikan dengan vitamin C yang mana juga terdapat dalam alpukat.

Alpukat. (pixabay/silverstylus)
Alpukat. (pixabay/silverstylus)

Vitamin C sendiri berperan dalam pembentukan kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit kuat dan sehat. Dan kekurangan vitamin C akan menyebabkan kulit kering, kasar, dan bersisik.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang disebabkan oleh matahari dan lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

2. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan sumber asam lemak esensial (asam lemak omega-3 atau omega-6). Kandungannya bahkan lebih banyak daripada kebanyakan kacang-kacangan lainnya.

Diet yang terlalu tinggi lemak omega-6 dapat menyebabkan peradangan, termasuk kondisi peradangan pada kulit, seperti psoriasis. Di sisi lain, lemak omega-3 mengurangi peradangan di tubuh termasuk di kulit.

Kacang kenari juga mengandung seng, yang berperan dalam penyembuhan luka, melawan bakteri, dan peradangan. Serta sejumlah kecil antioksidan vitamin E, vitamin C, dan selenium.

Kenari. (pixabay)
Kenari. (pixabay)

3. Ubi jalar

Beta-karoten adalah nutrisi yang ditemukan pada tanaman ini. Berfungsi sebagai provitamin A, yang berarti dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Karotenoid seperti beta-karoten menjaga kulit Anda tetap sehat dengan bertindak sebagai tabir surya alami.

Ketika dikonsumsi, antioksidan ini masuk ke dalam kulit dan melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ini dapat membantu mencegah kulit terbakar, kematian sel, kulit kering, dan keriput.

Nah, itu dia tiga makanan yang menyehatkan kulit tubuhmu. Dari ketiganya mana nih yang bakal rajin kamu santap? (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS