Kenalan dengan Bella, Si Anjing Terapi yang Lucu dan Menggemaskan

M. Reza Sulaiman | Yuliana Sere
Kenalan dengan Bella, Si Anjing Terapi yang Lucu dan Menggemaskan
Anjing terapi mengunjungi orang sakit. (Shutterstock)

Anjing terapi bernama Bella mampu meringankan kecemasan hingga PTSD.

Suara.com - Kenalan dengan Bella, Si Anjing Terapi yang Lucu dan Menggemaskan

Terapi menggunakan hewan peliharaan kini semakin digemari. Tak hanya lucu dan menggemaskan, para anjing terapi ini disebut bisa membantu menghilangkan kecemasan hingga trauma.

Salah satunya adalah Bella, anjing jenis Bichon Frize yang dimiliki oleh Barry Coase. Dikutip Himedik dari Mirror, Barry menyebut Bella membantunya mengatasi PTSD yang dialaminya sebagai mantan tentara.

"Saya tidak tahu mengapa Bella terus membangunkan saya di malam hari, menjilati telinga kiri saya, tetapi kemudian saya menyadari apa yang dia lakukan," ujarnya.

"Dia menghentikan mimpi burukku, merasakan kecemasanku dan membuatku merasa terhibur. Sungguh menakjubkan bagaimana anjing kecil malang yang telah dilecehkan ini memiliki empati dan kekuatan penyembuhan ini," menceritakan kisah Bella yang sempat hidup di lemari sebelum diselamatkan.

Barry (58) menderita gangguan stres pascatrauma yang tidak terdiagnosis, setelah pensiun dari Angkatan Darat pada 1991.

Ketika dia mengalami serangan panik, Bella akan duduk, meletakkan kakinya di lutut dan menatap matanya sampai dia merasa lebih baik.

Barry Coarse dan Bella si anjing terapi miliknya. (Dok. Twitter/ESHTNHS)
Barry Coarse dan Bella si anjing terapi miliknya. (Dok. Twitter/ESHTNHS)

"Sepertinya dia tahu di mana aku berada karena dia juga ada di sana, setelah selamat dari trauma. Dia membutuhkan saya sama seperti saya membutuhkannya," tambah Barry lagi.

Barry menyadari bahwa anjingnya dapat membantu orang lain. Ia menceritakan pengalaman seorang perempuan tua yang memeluk Bella, dan tiba-tiba menangis. Bella pun dengan cekatan menenangkannya dengan meringkuk di bahu perempuan itu.

"Dalam beberapa detik perempuan itu berhenti menangis." Barry kemudian menghubungi Pets As Therapy dan minta mengonfirmasi firasatnya.

Dalam beberapa minggu dia mendapat telepon dari sekolah, rumah sakit, dan Badan PTSD. Dia berkata seluruh minggunya penuh dengan kunjungan, dari anak-anak dengan kebutuhan khusus, pasien stroke, anak-anak yang cemas akan dioperasi, atau pasien yang akan meninggal.

Bulan lalu, Bella dinobatkan sebagai HiLife Pets sebagai Therapy Dog of the Year untuk karyanya. Ia dinominasikan oleh sekolah, rumah sakit dan kelompok masyarakat yang ia kunjungi.

"Tidak pernah ada hari Bella tidak membuat hidup seseorang sedikit lebih baik," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS