Prabowo Sujud Syukur, Ini Beragam Manfaat Sujud bagi Kesehatan

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Prabowo Sujud Syukur, Ini Beragam Manfaat Sujud bagi Kesehatan
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sujud syukur setelah mengklaim menang Pilpres 2019 dengan perolehan suara mencapai 62 persen, Rabu (17/4/2019). [Twitter]

Ada hubungan yang kuat antara berdoa dan sujud bagi kesehatan

Suara.com - Prabowo Sujud Syukur, Ini Beragam Manfaat Sujud bagi Kesehatan.

Calon presiden Prabowo melakukan sujud syukur pasca mendeklarasikan kemenangan Pemilu 2019, Rabu, (17/4/2019).

Bukan sekali, pada 2014 lalu Prabowo Subianto juga melakukan sujud syukur di hadapan pendukungnya setelah mengklaim menang Pemilu 2014 meski pada akhirnya KPU memutuskan sebaliknya.

Sebagai seorang Muslim, Prabowo Subianto memang kerap mencurahkan rasa syukur kepada Tuhan YME melalui gestur sujud. Apalagi sujud juga menjadi salah satu gerakan inti dalam kegiatan ritual ibadah salat.

Lalu selain mencurahkan rasa syukur, serta bentuk pengabdian pada Tuhan YME, apakah sujud juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh?

Melansir Science Daily, manfaat utama dari bersujud adalah dapat mengurangi masalah nyeri punggung bagian bawah.

Hal tersebut diterangkan oleh tim peneliti dari Binghamton University dan Universitas Negeri New York.

Dikatakan, gerakan fisik yang kompleks dari sujud dapat mengurangi nyeri punggung bawah jika dilakukan secara teratur dan benar.

"Salah satu cara berpikir tentang gerakan itu adalah bahwa gerakannya mirip dengan yoga atau latihan intervensi terapi fisik yang digunakan untuk mengobati sakit punggung," kata sang peneliti, Profesor Mohammad Khasawneh.

"Kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosial-ekonomi, gaya hidup dan agama. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara doa dan mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik seperti bersujud tadi," kata Khasawneh. 

Doa, dalam hal ini saat bersujud pada salat juga dikatakan Khasawneh dapat menghilangkan stres dan kecemasan fisik.

"Sementara ada juga penelitian yang menunjukkan ritual doa dapat dianggap sebagai pengobatan klinis yang efektif untuk disfungsi neuro-muskuloskeletal,"

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal International Journal of Industrial and Systems Engineering pada Maret 2017 lalu. Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa sujud bermanfaat bagi kesehatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS