BMKG Peringatkan Dua Risiko Bencana di Musim Pancaroba

Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
BMKG Peringatkan Dua Risiko Bencana di Musim Pancaroba
BMKG peringatkan dua risiko bencana di musim pancaroba. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Ini risiko bencana di musim pancaroba yang diperingati BMKG?

Suara.com - BMKG Peringatkan Dua Risiko Bencana di Musim Pancaroba.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat akan risiko bencana yang mungkin muncul di musim peralihan atau pancaroba kali ini.

Disampaikan Marjuki, Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan Klimatologi, BMKG, ada dua risiko bencana yang diprediksi membayangi Indonesia hingga masuk ke musim kemarau.

Pertama kata dia adalah risiko bencana puting beliung. Bahkan bencana ini dilaporkan telah terjadi di berbagai wilayah termasuk Jember, Tanggerang hingga Tulungagung. Meski hanya berlangsung dalam waktu singkat, angin puting beliung ini bisa memporak-porandakan rumah hingga benda-benda yang ada di sekitarnya.

"Puting beliung itu kejadian singkat sekali kurang dari lima menit tapi karena lingkungan cukup mendukung pertumbuhan awan tapi si angin berubah-ubah arah sehingga menggulung. Jadi puting beliung itu sebenarnya sumbernya awan," ujar Marjuki di sela-sela temu media di Kementerian Kesehatan, Kamis (18/4/2019).

Risiko kedua yang kemungkinan terjadi saat musim peralihan ini adalah intensitas hujan singkat namun sangat lebat, yang meningkat. Kondisi ini membuat berbagai wilayah tergenang banjir. Hal ini kata Marjuki sudah terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

"Itu yang terjadi di pengalengan banjir bukan karena hujan serharian tapi sebentar dan sangat lebat. Itu yang harus diantisipasi," imbuhnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk menghindari area yang banyak pepohonan karena rawan tumbang dengan kondisi angin kencang. Ia memprediksi hal ini terjadi hingga pertengahan Mei 2019 mendatang.

"Seharusnya memang April sudah masuk kemarau, tapi kami lihat ada kemunduran. Hingga akhir April masih ada hujan, ada risiko bencana di musim pancaroba menurut BMKG," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS