Persiapan Menjelang Puasa, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Cara Ini

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Persiapan Menjelang Puasa, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Cara Ini
Ilustrasi makan buah sebagai salah satu cara menjaga daya tahan tubuh sebelum puasa. (Shutterstock)

Salah satu persiapan menjelang puasa adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

Suara.com - Puasa tak sekadar menahan lapar dan haus. Ada berbagai tantangan yang kerap dihadapi, terutama bagi masyarakat perkotaan, saat puasa. Mulai dari paparan polusi hingga perubahan cuaca yang tak menentu, yang dapat mengikis manfaat kesehatan dari puasa itu sendiri. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan beberapa persiapan menjelang puasa.

Medical Advisor of PT Bayer Indonesia, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, menyarankan agar sebelum bulan puasa tiba, kita bisa mulai mempersiapkan daya tahan tubuh tetap terjaga.

"Polusi terutama akan menyebabkan oksidasi stres, di mana antioksidan di dalam tubuh berkurang karena terpapar polusi. Apalagi di tambah bulan puasa, dan biasanya kita makannya jadi lebih sembarangan saat berpuasa," ujar dia dalam peluncuran Redoxon Triple Action di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Langkah pertama adalah dengan mulai berlatih berpuasa. Biasanya perempuan memiliki hutang puasa yang belum terbayar. Sehingga, kesempatan ini adalah waktu yang tepat agar tubuh beradaptasi.

Selain itu, mulailah untuk mengatur pola makan, misalnya mengurangi makanan yang berlemak dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Serta, atur komposisi antara protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, mengonsumsi suplemen juga penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

"Mungkin kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Paling gampang, konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak sakit saat puasa," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS