alexametrics

Cek! 5 Obat Alami yang Ampuh Atasi Asam Urat, dari Jahe hingga Bunga Sepatu

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Cek! 5 Obat Alami yang Ampuh Atasi Asam Urat, dari Jahe hingga Bunga Sepatu
Ilustrasi radang sendi, asam urat, nyeri sendi. (Shutterstock)

Asam urat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam yang memecah purin dalam makanan.

Suara.com - Beberapa orang yang menderita asam urat mungkin bingung terkait makanan yang perlu dikonsumsi untuk meredakan asam urat. Sebenarnya, ada banyak buah dan bumbu dapur yang bisa dijadikan obat tradisional mengatasi asam urat.

Perlu diketahui, asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di area jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Asam urat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam yang memecah purin dalam makanan.

Biasanya orang dengan asam urat harus menghindari beberapa makanan agar penyakit ini tak kambuh. Tetapi, cara ini tak sepenuhnya efektif menghilangkan asam urat jika tanpa tindakan apapun.

Baca Juga: Sakit Tumor, Begini Kondisi Peggy Melati Sukma Setelah Jalani Operasi

Karena itu, ubah pola hidup sambil mengonsumsi beberapa makanan yang berfungsi sebagai obat alami asam urat. HiMedik melansir dari healthline.com, berikut ini makanan yang dipercaya mampu atasi asam urat:

Jahe - (Pixabay/siala)
Jahe - (Pixabay/siala)

1. Jahe

Jahe salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Studi lain juga menunjukkan jahe mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Caranya pun sangat mudah. Kita cukup memakai 1 sendok jahe parut yang direbus menggunakan air secukupnya sampai mendidih.

Setelah mendidih, rendam waslap dalam air rebusan jahe tersebut dan tempelkan di daerah yang sakit selama 15-30 menit setidaknya sehari sekali.

Baca Juga: Peneliti Sebut Seledri Ampuh Atasi dan Cegah Asam Urat, Coba Sekarang!

Selain cara itu, kita juga bisa meminum rebusan jahe sebanyak 3 gelas per hari agar pengobatan asam urat lebih maksimal.

Komentar