Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Ketahui, 5 Fakta dan Mitos Seputar Penyakit Seksual Herpes Genital

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Ketahui, 5 Fakta dan Mitos Seputar Penyakit Seksual Herpes Genital
Ilustrasi pengobatan penyakit herpes. (Shutterstock)

Herpes genital tidak bisa sembuh, mitos atau fakta? Ketahui jawabannya berikut ini.

Suara.com - Ketahui, 5 Fakta dan Mitos Seputar Penyakit Seksual Herpes Genital

Herpes genital merupakan penyakit menular yang menyebar akibat kontak seksual. Penyakit ini dapat menyerang bagian mulut atau alat kelamin laki-laki maupun perempuan.

Menurut data WHO, ada 417 juta orang di dunia yang menderita herpes genital, namun pengetahuan mengenai penyakit ini masih minim.

Di luar sana, tersebar banyak mitos dan fakta mengenai penyakit ini. Diutarakan oleh CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINDV, berikut adalah jawaban seputar mitos dan fakta mengenai herpes genital.

1. Apakah Herpes Genital tidak bisa sembuh? FAKTA

Herpes Genital tidak bisa sembuh. Virus herpes tidak dapat diobati secara permanen dannjika sudah terkena virusnya, maka akan tetap ada di dalam tubuh.

Herpes genital juga bersifat periodik, kemunculannya akan bergantung dari daya tahan tubuh pasien.

Ilustrasi pengobatan penyakit herpes. (Shutterstock)
Ilustrasi pengobatan penyakit herpes. (Shutterstock)

2. Apakah Herpes genital hanya bisa ditularkan lewat hubungan seks? MITOS

Herpes genital bisa ditularkan lewat beciuman dengan seseorang yang terkena Herpes genital.

Atau bisa juga melalui kontak cell to cell lainnya seperti liur pasien Herpes genital yang bagaimana caranya, mengenai luka terbuka seseorang.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS