Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Nasi yang Dihangatkan Selama 12 Jam di Magic Com Beracun, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman
Nasi yang Dihangatkan Selama 12 Jam di Magic Com Beracun, Mitos atau Fakta?
Masak nasi di magic com berbahaya? (Shutterstock)

Dikatakan, nasi yang dimasak dan didiamkan selama 12 jam di magic com bisa menyebabkan kanker hingga diabetes. Mitos atau fakta ya?

Suara.com - Nasi yang Dihangatkan Lebih dari 12 Jam di Magic Com Beracun, Mitos atau Fakta?

Beredar kabar yang menyebut konsumsi nasi yang dimasak di rice cooker dan magic com berubah menjadi racun jika dihangatkan lebih dari 12 jam.

Dikatakan, nasi yang dimasak dan didiamkan selama 12 jam di magic com bisa menyebabkan kanker hingga diabetes melitus. Kabar ini ramai dibahas di media sosial. Berikut isi pesannya:

"racun dari nasi

Keluarkan nasi dari rice cooker kalau sdh matang. Kalau lebih dari 12 jam menjadi pemicu diabetes.
Kebiasaan yang Jadi Pemicu Anak Menderita Kanker dan Diabetes

Hari ini saya cukup Shock. Bagaimana tidak, karena ternyata kebiasaan yang selama ini saya anggap sepele, merupakan perbuatan berbahaya untuk anak anak saya. Istilahnya, saya sayang anak tapi saya pula yang setiap hari memberi anak racun. Dengan info ini, saya sangat berterima kasih pada sekolah Zara (anak saya yang masih TK) karena telah mendatangkan seorang konsultan kesehatan, Pak Anto dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia.

Ia sempat menjelaskan bedanya Myom, Tumor, Kista dan Kanker. Tapi saya di artikel ini hanya ingin menceritakan ulang penjelasan Pak Anto yang membuat saya shock.

bahaya nasi dari magic com

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

"Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.

Ia melanjutkan, “Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.”. Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari magic com. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng kemudian jika sudah matang akan diletakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Saya dan keluarga sering makan di luar. Jadi kadang masak nasi tapi ngga ada yang makan, so magic com jalan teruuus. Besoknya kadang nasi baru terjamah. Hm … yang jelas saya sering sekali meletakkan nasi di magic com lebih dari 12 jam.
Sekarang sejak penataran, seusai nasi matang, magic com langsung saya matikan dan nasi saya dinginkan.

Semoga bermanfa'at.

batasi nasi dan gula artinya batasi penyakit di masa tua.
"karbohidrat dan gula adalah ibu dari segala penyakit"
(johan yan)

anda mungkin tidak menduga bahwa disamping perut buncit asupan berlebih nasi dangula akan membuat tubuh kelebihan
1. trigliserida
2. kolesterol
3. hipertensi
4. jantung koroner
5. diabetes melitus

Jangan disimpan ya, gak ada gunanya jg disimpan. Siapa tau bisa menyelamatkan sahabat, teman dan saudara2 kita."

Penjelasan Pakar:

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa kabar ini sudah beredar sejak tahun 2016.

Nutrisionis lulus University of Sydney, Australia, Leona Victoria Djajadi, MND, mengatakan nasi yang sudah matang dan dingin memang memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah.

Ilustrasi memasak nasi. (Shutterstock)
Ilustrasi memasak nasi. (Shutterstock)

Meski begitu, ia mengatakan makan nasi hangat dari magic com atau rice cooker, pun nasi yang dihangatkan, tidak akan membuat nasi menjadi racun, ataupun langsung menyebabkan penyakit kanker maupun diabetes melitus.

"Nah mengenai nasi penyebab semua sakit kronis di atas, tidak berhubungan secara langsung tapi karena orang Indonesia begitu cintanya sama nasi, bahkan bisa makan nasi sama garam aja, dan biasanya melebihi takaran saji yang seharusnya," ujar Victoria.

Risiko penyakit diabetes, obesitas, hingga kanker menurutnya lebih dikarenakan faktor porsi makan, dan lauk yang dimakan, bukan faktor cara memasak nasi.

"Tapi seperti kita tahu banyak orang memenuhi piringnya dengan nasi sampai menggunung. Inilah yang nanti akan menyebabkan overcaloric consumption, sehingga menyebabkan obesitas & metabolic disorder. Metabolic disorder ini muter-muternya di situ: obesitas, hipertensi, high cholesterol, insulin resistance," terangnya.

Kesimpulan: Mitos

Kabar yang menyebut makan nasi yang dihangatkan di magic com selama 12 jam berubah menjadi racun dan bisa menyebabkan kanker dan diabetes adalah mitos dan hoax.

Masyarakat diminta tidak mudah percaya dengan kabar burung terkait kesehatan. Jika merasa ragu dan butuh informasi lebih lanjut, bisa menghubungi ahli gizi ataupun dokter terdekat.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS