Kedekatan Ayah dan Putrinya Memiliki Dampak Besar dalam Kehidupan Sang Anak

Dinar Surya Oktarini | Rosiana Chozanah
Kedekatan Ayah dan Putrinya Memiliki Dampak Besar dalam Kehidupan Sang Anak
Ilustrasi kedekatan ayah dan anak perempuannya (Shutterstock)

Kedekatan seorang ayah dengan putri mereka mempunyai dampak besar dalam kehidupan serta kesejahteraan buah hati.

Suara.com - Pada Minggu (16/6/2019) merupakan perayaan Hari Ayah sedunia. Tidak sedikit warganet yang mengunggah foto-foto ayah mereka sekaligus mengucapkan rasa terima kasihnya pada lelaki yang telah membesarkan mereka.

Keberadaan seorang ayah tentu sangat berarti bagi anak-anak mereka. Bahkan hubungan seorang ayah dengan anak mereka, terutama anak perempuan, mempunyai dampak yang besar terhadap kehidupan serta kesejahteraan emosional sang anak.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi 2018 yang didanai oleh National Institute on Child Health and Development dan diterbitkan dalam Journal of Family Psychology.

Peneliti dari Ohio State University meminta 700 orangtua mengevaluasi hubungan mereka dengan anak-anak sejak kelas satu hingga lima. Selain itu, sang anak juga diminta untuk menilai tingkat kesepian mereka di setiap tahap.

Penelitian menemukan, memiliki ikatan kuat dengan ayah benar-benar dapat membantu si Kecil mengatasi perasaaan kesepian mereka, terutama selama tahun-tahun pembentukan ikatan ini.

David Beckham bersama keluarganya berlibur ke NTT. [InstaStory@davidbeckham]
David Beckham bersama keluarganya berlibur ke NTT. [InstaStory@davidbeckham]

Kemudian rekan penulis penelitian ini sekaligus seorang profesor ilmu pengetahuan manusia di The Ohio State University, Xin Feng, mengatakan temuan ini kemungkinan dipengaruhi oleh peran gender dan harapan yang mengikutinya.

Peran gender di sini maksudnya adalah peran alamiah dari seorang ibu yang berbeda dengan seorang ayah.

"Dalam masyarakat kita para ibu cenderung bertanggung jawab atas perawatan sehari-hari dan stabilitas bagi anak-anak mereka."

"Ayah (tampaknya) memiliki lebih banyak kebebasan untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dengan cara yang berbeda. (Ayah) memberi anak tantangan dan memiliki jangkauan kontak emosional yang lebih luas," tutur dokter Feng.

Peran 'ayah' di sini, baik dilakukan oleh ayah pengganti maupun seorang ibu yang mengambil tanggung jawab itu, memainkan peran sangat unik dalam perkembangan emosi anak perempuan.

Inilah mengapa hubungan dengan seorang 'ayah' cenderung memiliki dampak yang berbeda pada kesejahteraan putri mereka.

Hubungan sehat dengan seorang ayah juga mengajarkan putri mereka tentang bagaimana memiliki hubungan sehat dengan pria lain pada umumnya.

"Gadis-gadis yang diperlakukan dengan baik oleh ayah mereka tahu peran mereka dalam berhubungan dengan laki-laki, bagaimana seharusnya mereka diperlakukan, serta apa yang akan dan tidak akan mereka toleransi," kata Dr. Sherrie Campbell, seorang konselor, psikolog, dan penulis Success Equations: A Path to Living an Emotionally Wealthy Life.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS