Sadarkah Jika Pacar yang Sekarang Punya Kesamaan dengan Mantan Pacar Anda?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Sadarkah Jika Pacar yang Sekarang Punya Kesamaan dengan Mantan Pacar Anda?
Ilustrasi pasangan kekasih. (Shutterstock)

Sebuah penelitian membuktikan bagaimana secara tidak sadar kita memilih pacar dengan sifat yang hampir sama dengan mantan pacar.

Suara.com - Secara tidak sadar, pasangan Anda sekarang setidaknya mempunyai beberapa sifat atau karakteristik yang sama dengan mantan kekasih Anda.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada laman Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America pada Februari 2019 lalu menunjukkan, kekasih yang sekarang mempunyai deskripsi karakteristik yang sama dengan sang mantan.

Penelitian ini menggunakan Panel Keluarga Jerman longitudinal untuk menilai di mana lebih dari 12 ribu peserta survei mempunyai sifat kepribadian '5 besar', yaitu keterbukaan terhadap hal baru, sifat berhati-hati, ekstraversi, mudah bersepakat dan neurotisme.

Selama lebih dari 9 tahun, pada akhirnya peneliti berakhir dengan 332 peserta yang telah menjamin setidaknya pernah berganti pasangan sebanyak 2 kali.

Setelah diberi pertanyaan, peneliti menarik garis merah bahwa tampaknya orang memang memiliki 'tipe' tertentu pada setiap pasangan, baik sang mantan maupun kekasih yang sekarang.

Dan suka atau tidak suka, karakter tersebut mendekati kepribadian Anda sendiri. Jadi, karakter pacar tidak hanya sama dengan katakter mantan pacar, tetapi sama juga dengan karakter Anda sendiri.

Ilustrasi mantan pacar. [Shutterstock]
Ilustrasi mantan pacar. [Shutterstock]

Oleh karena itu, mencari tahu sedikit tentang diri sendiri melalui pasangan dapat membantu menjelaskan mengapa kepribadian kita sendiri cenderung relatif stabil ketika berinteraksi dengan teman dan orang yang dicintai.

Tetapi hasil penelitian ini sedikit berbeda dengan orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Karena mereka senang mencari pengalaman baru.

Peserta yang mendapat skor tinggi dalam sifat 'keterbukaan terhadap hal-hal baru' dan 'ekstraversi', kemungkinan untuk mempunyai pacar yang berkarakteristik sama dengan mantan pacar atau diri sendiri jauh lebih kecil.

Sayangnya, para peneliti mengatakan jika suatu hubungan memiliki terlalu banyak kesamaan, akan membuat pasangan merasa tidak mampu untuk tumbuh dan berkembang.

Di sisi lain, mempunyai pacar yang karakternya hampir sama dengan mantan pacar juga dapat memudahkan proses ikatan dan membantu membangun pola interaksi yang positif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS