Benarkah Golongan Darah dapat Menentukan Kepribadian?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Benarkah Golongan Darah dapat Menentukan Kepribadian?
Ilustrasi tipe golongan darah [shutterstock]

Orang Jepang percaya bahwa golongan darah juga menentukan kepribadian, apakah benar?

Suara.com - Menurut kepercayaan populer Jepang, golongan darah A adalah perfeksionis yang sensitif dan partner tim yang baik, tetapi mereka terlalu cemas.

Sedangkan tetapi golongan darah O adalah orang yang mudah penasaran serta dermawan, tetapi keras kepala.

Golongan darah AB adalah artistik tetapi misterius dan tidak dapat diprediksi, dan tipe B ceria tetapi eksentrik, individualis dan egois.

Melansir BBC Inggris, sekitar 40% dari populasi Jepang adalah tipe A dan 30% adalah tipe O, sementara hanya 20% adalah tipe B, dengan AB menyumbang 10% sisanya.

Jenis darah, bagaimanapun, hanya ditentukan oleh protein dalam darah. Meskipun para ilmuwan secara teratur mencoba untuk menghilangkan kepercayaan ini, mereka tetap populer di Jepang.

Sejak tahun 2000 beberapa penelitian yang diterbitkan telah meneliti kemungkinan hubungan antara golongan darah dan sifat-sifat kepribadian. Tapi hasilnya tidak konsisten, menurut NCBI.

Penelitian ini bahkan menggunakan NEO Personality Inventory untuk menilai ciri-ciri kepribadian Lima Besar yang mewakili lima dimensi kepribadian yang luas.

Ilustrasi kepribadian yang berbeda (Shutterstock)

Lima kepribadian tersebut adalah terbuka terhadap hal baru, sifat berhati-hati, ekstraversi, mudah akur, dan neurotisme.

Namun mereka gagal menemukan asosiasi apapun. Selain itu, penelitian yang lebih baru tidak menemukan hubungan yang signifikan antara sistem golongan darah ABO dan sifat kepribadian.

Tetapi, dalam hipotesis ilmiah tentang golongan darag ABO dan sifat-sifat kepribadian baru-baru ini yang diajukan oleh Hobgood menunjukkan adanya beberapa baris bukti bahwa golongan darah ABO dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit kekebalan terkait respons stres.

Ada juga laporan bahwa ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti depresi dan kecemasan, dapat dikaitkan dengan penyakit ini. Sehingga, ada kemungkinan bahwa golongan darah ABO juga terkait dengan sifat-sifat kepribadian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS