5 Alasan untuk Lakukan Olahraga Yoga Mulai dari Sekarang, Catat Ya!

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
5 Alasan untuk Lakukan Olahraga Yoga Mulai dari Sekarang, Catat Ya!
Deretan manfaat melakukan olahraga yoga. (Shutterstock)

Deretan manfaat ini jadi alasan mengapa Anda sebaiknya mulai melakukan olahraga yoga sekarang juga. Apa saja?

Suara.com - Catat, 5 Alasan untuk Lakukan Olahraga Yoga Mulai dari Sekarang

Yoga adalah aktivitas tubuh dan pikiran yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, penguatan otot, keseimbangan, relaksasi dan konsentrasi.

Tak heran jika sejumlah penelitian menunjukan sejuta manfaat yoga yang luar biasa bagi kesehatan.

Nah, berikut adalah deretan alasan, mengapa sebaiknya Anda mulai melakikan yoga saat ini juga, dilansir dari The Health Site.

1. Mengurangi Stres

Stres menyebabkan peningkatan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin yang meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Peningkatan denyut jantung dan tekanan darah tentu sangat merugikan jantung.

Stres juga merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri koroner, hipertensi, aritmia, gagal jantung, dan lainnya. Meditasi dan pernapasan saat yoga, bisa sangat menenangkan, mengurangi denyut jantung dan tekanan darah. Itu pada gilirannya mengurangi risiko berbagai penyakit jantung.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Yoga yang teratur dilakukan bisa mengurangi jumlah kolesterol darah, gula darah. Beberapa bentuk yoga juga bisa sangat membantu dalam mengurangi lemak perut dan lingkar pinggang.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Yoga adalah bentuk olahraga yang baik dan juga bisa membakar kalori. Ini meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot inti sama seperri saat seseorang melakukan latihan aerobik seperti jogging, berlari, berenang, bersepeda dan lainnya.

Ilustrasi Yoga berkelompok. [Shutterstock]
Ilustrasi Yoga berkelompok. [Shutterstock]

4. Yoga bantu seseorang berhenti merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Perokok yang berlatih yoga secara teratur cenderung berhenti merokok.

Yoga yang menyebabkan penurunan stres juga membuat berkurangnya keinginan seseorang untuk merokok. Ini berlaku bagi orang-orang yang merokok karena stres.

5. Membantu rehabilitasi jantung

Orang-orang yang telah menghadapi kondisi jantung seperti serangan jantung, aritmia, hipertensi, gagal jantung atau orang-orang yang telah menjalani operasi bypass atau angioplasti menghadapi banyak tekanan emosional dan fisik.

Yoga adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres dan perlahan-lahan membawa pasien menjalani program rehabilitasi jantung lebih mudah. Sebenarnya yoga juga banyak dipraktikkan selama rehabilitasi jantung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS