Hati-hati, Kebiasaan Kencing di Malam Hari Tingkatkan Risiko Kematian!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-hati, Kebiasaan Kencing di Malam Hari Tingkatkan Risiko Kematian!
Seorang lelaki kencing di toilet. [shutterstock]

Peneliti menemukan kebiasaan kencing di malam hari tingkatkan risiko kematian pada orang yang lebih muda.

Suara.com - Apakah Anda sering buang air kecil di malam hari? Jika iya, sepertinya Anda harus mulai berhati-hati dengan kebiasaan kencing di malam hari.

Para peneliti menemukan pria dan wanita yang sering buang air kecil sekali hingga 2 kali pada malam hari lebih berisiko tinggi meninggal dunia.

Peningkatkan risiko kematian terlihat pada semua kelompok dari usia 20 tahun hingga 90 tahun. Dalam hal ini, pria dan wanita muda justru lebih berisiko tinggi meninggal.

"Nocturia (buang air kecil di malam hari) adalah prediktor kematian. Lebih mengejutkannya, pria dan wanita muda justru lebih berisiko daripada orang tua," kata Varant Kupelia, ilmuwan di New England Research Institute di Watertown, Mass dikutip dari webmd.com.

Pria dan wanita muda lebih berisiko daripada orang dewasa karena kebiasaan buang air kecil di malam hari bisa jadi gejala penyakit kronis.

ilustrasi pria lagi buang air kecil (shutterstock)
ilustrasi pria lagi buang air kecil (shutterstock)

Berbeda dengan orang yang lebih tua, kebiasaan kencing di malam hari meningkatkan risiko kematian karena sangat rentan jatuh dan patah tulang.

Peneliti Kupelia bersama rekannya pun telah meneliti fakta ini dengan meriset sebanyak 15 ribu pria dan wanita yang berusia 20 tahun hingga paling tua.

Para peneliti pun akhirnya menemukan hasilnya selama periode sembilan tahun:

1. Pria usia 20-40 tahun bangun dua kali hingga lebih setiap malam untuk kencing berisiko 2,56 kali lipat meninggal dunia.

2. Wanita usia 20-29 tahun yang sering kencing malam hari meningkatkan risiko kematian hingga 10 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS