Pilih Mana, Berobat ke Penang Atau Melaka?

Iwan Supriyatna
Pilih Mana, Berobat ke Penang Atau Melaka?
Ilustrasi berobat ke luar negeri. (Shutterstock)

Penang dan Melaka merupakan dua kota di Malaysia yang lebih favorit untuk urusan berobat.

Suara.com - Malaysia merupakan negara tujuan favorit pasien asal Indonesia untuk berobat. Setiap tahunnya, ratusan ribu pasien Indonesia berobat ke negeri jiran ini.

Berdasarkan data dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), jumlah pasien Indonesia yang datang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Dibandingkan Kuala Lumpur, Penang dan Melaka merupakan dua kota di Malaysia yang lebih favorit untuk urusan berobat. Pertanyaannya, lebih bagus berobat ke Penang atau Melaka? Mari kita bahas:

Pilihan Rumah Sakit

Baca Juga: Tragis, Biaya Berobat Penyakit karena Kebakaran Hutan Hampir Rp 2 Triliun

Jika ditelusuri dari pilihan rumah sakit yang ada, Penang memiliki enam rumah sakit yang populer bagi pasien Indonesia, antara lain Gleneagles Penang, Island Hospital, Penang Adventist Hospital, Loh Guan Lye Specialist Centre, Pantai Hospital Penang, dan Mount Miriam.

Sedangkan di Melaka, terdapat tiga rumah sakit yang populer yaitu Mahkota Medical Centre, Pantai Hospital Ayer Keroh, dan Oriental Melaka Straits Medical Centre.

Akses Menuju Lokasi dari Indonesia

Untuk menuju Penang, ada beberapa penerbangan langsung dari Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya sehingga pasien tidak perlu repot transit atau pindah ke moda transport lainnya.

Untuk ke Melaka, hanya ada penerbangan langsung dari Pekanbaru, Riau. Untuk pasien dari kota lain harus terbang ke Kuala Lumpur terlebih dahulu, kemudian dari Bandara KLIA naik bus menuju Melaka.

Baca Juga: Pasien Rujukan dari Timor Leste Kini Bisa Berobat di Siloam Hospitals

Perjalanan darat ini kurang lebih 2,5 jam. Sebagian orang agak kerepotan untuk perjalanan seperti ini, terutama bagi yang berpergian dengan pasien yang berusia lanjut dan balita.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS