Ekstrovert atau Introvert, Ini Olahraga yang Cocok Berdasarkan Kepribadian

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Ekstrovert atau Introvert, Ini Olahraga yang Cocok Berdasarkan Kepribadian

Dengan melakukan olahraga yang sesuai kepribadian, hasil yang maksimal lebih mudah untuk kamu dapat.

Suara.com - Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Ada orang yang selalu terbuka dan ceria, yang disebut sebagai tipe ekstrovert, dan ada juga tipe tertutup yang lebih suka menyimpan banyak hal sendiri atau introvert.

Nah, tahukah kamu bahwa kedua karakter ini membutuhkan jenis olahraga yang berbeda. Yuk, cari tahu olahraga apa saja yang bisa kamu pilih sesuai dengan kepribadian, seperti yang dirangkum Suara.com dari laman Metro, Rabu (18/9/2019)

Introvert

1. HIIT atau Tinju
"Untuk orang yang introvert, saya sangat menyarankan untuk coba olahraga HIIT (High Intensity Interval Training). Ini sangat bagus untuk membakar kalori dengan cepat, dan yang paling penting, latihan ini bisa dilakukan seorang diri," ujar pakar nutrisi dan kebugaran Natures Health Box, Tom Jenane.

Jika kamu punya karakter yang tidak suka keramaian, ada banyak tutorial video yang bisa dijadikan sebagai contoh dan dilakukan di rumah. Perlu diingat, lakukan sesuai dengan levelmu, ya, apakah pemula, menengah, atau lanjutan.

2. Yoga atau Pilates
Sebanyak 80 persen orang introvert mengaku sering lelah usai berolahraga, sehingga kamu mungkin perlu mencoba yoga atau pilates. Olahraga ini tidak 'heboh' seperti olahraga lainnya, tapi olahraga ini bisa meningkatkan kualitas kekuatan dan fleksibilitas.

Uniknya olahraga ini bagi introvert, meski ada orang lain dalam sesi latihan, tapi semuanya memiliki ruang privasinya sendiri, yakni dengan alas matras sebagai batasnya saat melakukan yoga.

"Kebanyakan kelas yoga dan pilates juga sangat ramah dan santai, sehinggga individu tidak akan kesulitan menyesuaikan gerakan dan tetap merasa nyaman," ujar CEO Origym, Luke Hughes.

Ekstrovert

1. Klub Olahraga
Menurut studi YouGov, lebih dari setengah orang ekstrovert mengatakan mereka kerap mencari sesuatu yang menantang.

"Individu ekstrovert bisa mendorong orang lain untuk saling mendapatkan hasil optimal," ungkap perwakilam YouGov, Tom Jenane. Melalui latihan yang dilakukan bersama-sama di sebuah klub olahraga, bisa dipastikan setiap orang akan saling mendorong satu sama lain ke batas maksimal.

2. Menari
Orang dengan karakter terbuka biasanya akan memberikan performa terbaik di kelas tari atau senam aerobik seperti zumba, mengingat olahraga ini memerlukan interaksi sosial dengan orang lain. Luke Hughes mengatakan, jika kamu mencari olahraga yang terbaik secara berkelompok, maka kelas tari adalah jawabannya.

"Perserta kelas dansa saling memberi energi kepada orang di sekitarnya, dan itu bisa diciptakan saat berkumpul. Dengan begitu, mereka akan terpacu, bahkan mereka cenderung menikmatinya," tutup Hughes.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS